JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jadwal Pilkades Serentak Wonogiri, Kampanye Hanya 3 Hari

Ilustrasi Pemilih lansia memasukkan surat suara didampingi petugas saat Pilkades serentak Wonogiri beberapa waktu lalu
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berikut ini ada jadwal Pilkades serentak Wonogiri 2022. Ternyata masa kampanye cukup singkat hanya tiga hari.

Informasi yang dihimpun dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau PMD Wonogiri, pada Selasa (15/11), proses pencetakan surat suara akan dimulai. Cetak surat suara dilakukan mandiri oleh masing-masing desa.

Surat suara berisi foto calon kepala desa beserta nomor urutnya. Selanjutnya, distribusi surat suara dilakukan selama sepekan.

“Tanggal 28 November nanti ada pengarahan Bupati terhadap calon kepala desa di pendapa rumah dinas Bupati Wonogiri. Di dalamnya akan diisi dengan deklarasi damai,” ujar Kepala PMD Wonogiri Antonius Purnama Adi, Senin (14/11/2022).

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Selanjutnya, kampanye Pilkades diadakan tanggal 29 November sampai 1 Desember mendatang.

Setelah itu hari tenang, kemudian tanggal 7 Desember pencoblosan.

Kepala PMD Wonogiri Antonius Purnama Adi mengatakan, tahapan penetapan calon kepala desa sudah dilaksanakan. Adapun penetapan nomor urut calon kades juga sudah digelar Jumat lalu (11/11).

“Sekarang tanggal 14 November pengumuman resmi dari panitia kepada masyarakat mengenai bakal calon yang dapat dipilih,” beber Kepala PMD Wonogiri Antonius Purnama Adi .

Jumlah pendaftar calon kepala desa awalnya ada 40 orang. Namun, salah satu pendaftar dari Desa Glinggang (Kecamatan Pracimantoro) menarik berkasnya sebelum penetapan calon kepala desa. Sehingga jumlah calon kades saat ini ada 39 orang.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

Sebanyak 11 desa diikuti oleh dua calon kepala desa. Sedangkan jumlah peserta terbanyak ada di Desa Tawangharjo (Kecamatan Jatipurno) dan Desa Gambiranom (Kecamatan Baturetno), di masing-masing desa tersebut diikuti lima calon kepala desa.

Pilkades serentak Wonogiri diikuti 12 orang petahana. Adapun calon kades perempuan hanya lima orang. Sebagian besar berpendidikan SLTA. Meski demikian, ada pula yang berpendidikan SLTP dua orang, D2 satu orang, D3 satu orang, S1 delapan orang, S2 dua orang dan sisanya SLTA. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com