JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Penduduk Sragen Lampaui 1 Juta, Jumlah Kursi DPRD Dipastikan Bertambah Jadi 50. Simak Penjelasan Lengkap KPU!

Komisioner KPU Sragen, Suwarsono. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sragen mengisyaratkan jumlah kursi DPRD Kabupaten Sragen pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang akan bertambah dari 45 menjadi 50.

Tambahan 5 kursi itu menyusul penambahan jumlah penduduk Sragen terkini yang mencapai lebih dari 1 juta jiwa.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Suwarsono mengatakan, jumlah penduduk Sragen terakhir terdata sebanyak 1.006.000 orang.

Mengacu UU nomor 7/2017 tentang Pemilu, dengan jumlah penduduk di atas 1 juta maka jumlah kursi DPRD adalah 50.

Berdasarkan pasal 191 UU tersebut, jumlah kursi DPRD kabupaten/kota berjumlah paling sedikit 20 sampai 55 kursi.

Untuk daerah yang berpenduduk 500.000 sampai 1 juta, jumlah kursi DPRD adalah 45. Kemudian jumlah penduduk antara 1 juta sampai 3 juta, jumlah kursi di DPRD adalah 50 kursi.

Baca Juga :  Momen Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi Hadiri Acara Bedoro Bersholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf

“Mengacu perkembangan terakhir jumlah penduduk di Sragen versi Dispendukcapil, penduduk Sragen sudah berjumlah 1.006.000 lebih jiwa. Sehingga jumlah kursi di Pileg 2024 bertambah 5 jadi 50 kursi,” paparnya
di sela Sosialisasi Regulasi Tahapan Pemilu Serentak 2024, Selasa (15/11/2022).

Meski demikian, Suwarsono menyampaikan saat ini KPU masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU Pusat untuk penentuan daerah pemilihan (Dapil) berikut jumlah kursinya.

Nantinya penentuan Dapil dan kursi mengacu pada petunjuk KPU Pusat dan akan dikomunikasikan dengan parpol peserta pemilu.

Sementara, dalam sosialisasi yang mengundang pihak forkompimda dan forkompimcam disampaikan terkait tahapan pemilu.

Dalam waktu dekat akan digelar rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemilihan desa. Untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 3.627 dan diharapkan dukungan dari semua pihak agar pemilu berjalan lancar.

Baca Juga :  Harga Gas Melon di Sragen Naik 100% Jadi Rp 30.000 Selama Idul Fitri, Politikus Nasdem Bongkar Penyebabnya

Sementara, kenaikan jumlah kursi DPRD pada pileg mendatang sebenarnya sudah diprediksi para politikus di Sragen. Sekretaris DPD Partai Golkar Sragen, Sri Pambudi mengaku sudah membuat simulasi internal terkait penambahan kursi tersebut.

Simulasi itu sebagai rujukan partainya untuk ‘tempur’ di Pileg mendatang.

“Kami sudah prediksi karena jumlah penduduk Sragen yang sudah melebihi satu juta orang. Tentunya kami akan menyiapkan strategi khusus terkait penambahan kursi,” ujarnya.

Menurut legislator asal Sukodono itu, partainya optimistis bisa meraih target 10 kursi, naik dari kursi semula yang sebanyak 6.

“Sejak jauh hari kami sudah memetakan terkait mana-mana dapil yang bertambah kursinya. Ini berkaitan dengan strategi yang akan ditempuh agar perolehan kursi Partai Golkar juga bisa bertambah,” tandas politisi muda ini. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com