JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Prihatin Nasib Penjaga Sekolah, Bupati Juliyatmono Akan Berikan Honor Tambahan Melalui APBD 2023

Bupati Juliyatmono memberikan bingkisan sembako kepada para guru di Hari Guru, Jumat (25/11/2022) / foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Karanganyar Juliyatmono MM tengah memperjuangkan honor tambahan untuk sekitar 80 penjaga sekolah SD dan SMP  di Kabupaten Karanganyar.

Alasannya, Bupati kasihan terhadap kesejahteraan para penjaga sekolah, yang notabene memiliki tanggung jawab berat, sementara honornya sangat kecil.

Apalagi, para penjaga sekolah itu sudah puluhan tahun mengabdi, namun nasibnya monoton karena tidak ada ruang untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Nanti terhitung mulai Januari 2023 seluruh penjaga sekolah di Karanganyar akan kita beri honor tambahan yang dianggarkan melalui APBD Tahun 2013,” ungkap Bupati di sela memimpin upaca HUT PGRI dan HUT Guru ke 77 di Alun-alun Karanganyar, Jumat (25/11/2022).

Adapun insentif atau honor tambahan  tersebut akan dibayarkan setiap bulan mulai tahun depan. Hanya saja besaran nominalnya tidak sama berdasar masa pengabdian masing-masing penjaga sekolah. Saat ini sedang dicari formula menentukan besaran nilainya.

Saat ini juga sedang dilakukan pendataan jumlah penjaga sekolah serta data masa kerja karena kasihan mau dimasukkan ke PPPK tidak ada formasinya untuk penjaga sekolah.

“Nanti jika sudah selesai pendataan akan kami keluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati sehingga resmi mengikat jelas landasan hukumnya,” tandas Bupati kharismatik tersebut.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan selama ini penjaga sekolah tersebut bekerja dengan ikhlas ‘Nrimo’ tidak banyak tuntutan.

Bahkan para penjaga sekolah tersebut terpaksa mencari nilai tambah dengan cara menanami tanaman di halaman sekolah yang halamannya luas dan memetik hasilnya untuk dimasak dan diolah sendiri untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Sementara itu Ketua PGRI Karanganyar, Sri Wiyanto bangga dengan upaya Bupati memperjuangkan nasib penjaga sekolah.

“Secara riil memang penjaga sekolah sangat kasihan maka dengan perjuangan Bupati ini adalah angin surga bagi penjaga sekolah yang selama ini honornya tidak seberapa,” ujarnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com