JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Mengonsumsi Kecambah bagi Kesehatan

Kecambah. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Kecambah merupakan sayuran muda dari biji-bijian yang baru bertunas dan berdaun. Kecambah memiliki rasa yang unik dan segar. Kecambah biasanya dijadikan berbagai jenis masakan, seperti solo, pecel ataupun rawon.

Selain enak rasanya, kecambah juga baik untuk berbagai manfaat kesehatan. Seperti meningkatkan sistem pencernaan, menjaga stabilitas hormon, sampai mengurangi efek mabuk alkohol.

Baca Juga :  Tak Hanya Tingkatkan Energi, Minum Kopi 2-4 Cangkir Tiap Hari Baik untuk Kesehatan Jangka Panjang

Berikut ini sederet manfaat makan kecambah bagi kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Mengutip Healthline, kecambah kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman. Di antaranya protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, serta vitamin C dan K.

Kecambah cenderung mengandung asam amino esensial yang lebih tinggi, sekitar 30 persen. Serta menyediakan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

2. Bantu Kontrol Gula Darah

Kecambah diklaim dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Karena dimungkinkan mampu mengikat dan mengatur aktivasi enzim amilase untuk memecah dan mencerna gula dengan baik.

Baca Juga :  Ada Berbagai Bentuk Kepala Sikat Gigi, Rekomendasi Dokter?

Studi pada penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi suplemen kecambah brokoli bubuk selama delapan minggu menemukan adanya penurunan kadar insulin dan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com