JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sisihkan 8 Negara Lainnya, RRI Terpilih Jadi Sekretariat Lembaga Penyiaran Dunia

Tampak depan gedung Radio Republik Indonesia (RRI) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Setelah melalui proses penilaian oleh sekretariat jenderal para anggota Admin Council, perhimpunan lembaga penyiaran di negara Asia Pasifik (Asia Pacific Broadcasting Union/ ABU), Radio Republik Indonesia (RRI) terpilih sebagai sekretariat perhimpunan praktisi siaran dunia.

Penunjukan itu diputuskan dalam Administrative Council Meeting di New Delhi, India, pada 24-30 November 2022.

Acara itu juga dihadiri presiden, Sekjen, dan negara-negara yang menjadi anggota Admin Council ABU.

RRI mengalahkan delapan negara anggota lain yang mencalonkan diri menjadi sekretariat.

Delapan negara tersebut adalah Cina, India, Australia, Korea, Thailand, Vietnam, Kazakstan, dan Uzbekistan.

Direktur Utama RRI Hendrasmo mengatakan, penunjukan Indonesia sebagai sekretariat organisasi penyiaran dunia ini adalah bentuk kepercayaan global kepada pemerintah, negara, dan RRI.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

“RRI adalah representasi Indonesia dalam perhimpunan tersebut. Penunjukan RRI sebagai sekretariat lembaga penyiaran dunia memperlihatkan kemampuan dan posisi penting Indonesia di dunia internasional, khususnya di bidang penyiaran,” ujar dia lewat keterangan tertulis, Minggu (27/11/2022).

Beberapa kriteria diputuskan menjadi indikator penilaian. Selain kemampuan penyediaan infrastuktur sekretariat, negara terpilih merupakan titik hubung kegiatan internasional, memiliki konektivitas transportasi yang mudah dijangkau, dan dukungan kuat dari pemerintah.

Sebelumnya, tim penilai telah dipertemukan dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta stakeholder lainnya di Indonesia.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Dengan kepindahan sekretariat ABU ke Jakarta yang mulai berlangsung 2023, akan banyak kegiatan internasional yang melibatkan para praktisi siaran di dunia. ABU, yang saat ini berkantor di Malaysia, beranggotakan lembaga-lembaga penyiaran dunia di Asia Pasifik.

ABU terdiri atas 287 lembaga media di 57 negara, seperti Turki, Rusia, New Zealand, Australia, Jepang, India, Korea, hingga Cina.

Hendrasmo berharap terpilihnya RRI bisa mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan memajukan dunia penyiaran nasional di Indonesia pada umumnya.

“Kita merasa terhormat Indonesia mendapat kepercayaan dari pelaku broadcasting di dunia,” kata Hendrasmo.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com