JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tumit Pecah-pecah Membuat Tidak Nyaman, apa Penyebabnya?

Tumit pecah-pecah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Salah satu masalah kulit di kaki adalah, tumit kaki pecah-pecah. Tumit kaki pecah-pecah adalah kondisi kulit di tumit menjadi sangat kering.

Selain mengganggu penampilan terutama saat memakai sandal, tumin pecah juga membuat tidak nyaman penderitanya.

Ada berbagai penyebab tumit pecah-pecah, antara lain terlalu lama berdiri hingga pengaruh iklim.

Berikut penyebab tumit pecah-pecah

1. Berdiri terlalu lama

Mengutip Medical, berdiri terlalu lama meningkatkan risiko tumit pecah-pecah. Sebab, berdiri dalam waktu lama memberi tekanan berlebih di bantalan lemak normal di bawah tumit kaki. Cara meminimalkan risiko ini menggunakan alas kaki yang memiliki bantalan di bagian tumit dan solnya.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

2. Masalah kulit

Tumit pecah-pecah akibat berbagai penyakit kulit, beberapa di antaranya eksim dan dermatitis atopik. Kondisi ini ikut menyebabkan intensitas rasa gatal, kekeringan, dan pecah-pecah di tumit. Eksim biasanya diobati menggunakan pelembap kulit, steroid dan antibiotik jika diperlukan.

Psoriasis menyebabkan kulit bersisik dan mengelupas, termasuk di bagian kaki. Keratoderma menyebabkan penebalan kulit pada telapak tangan atau kaki.

3. Pengaruh iklim

Mengutip Foot Centre Group, iklim kering dan panas juga mempengaruhi tumit pecah-pecah. Sebab, telapak kaki lebih rentan kehilangan kelembapannya.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

4. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu bisa menyebabkan kulit kering, termasuk tumit.

5. Usia

Seiring bertambah usia, manusia mengalami banyak perubahan fisiologis di tubuh. Itu bisa menyebabkan kulit mengering dan rentan menebal juga pecah-pecah.

6. Gesekan berulang

Merujuk Cleveland Clinic, tumit pecah-pecah tersebab gesekan berulang. Kondisi akan makin rentan jika terkena paparan sinar matahari dan iklim kering secara terus menerus.

7. Kurang perawatan

Tumit pecah-pecah juga tersebab kurangnya perawatan, termasuk membersihkan sel kulit mati dan pemberian losion pelembap.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com