JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Waspada, 10 Pegadaian Ilegal Bertebaran di Seputaran Kampus di Kota Yogya

Ilustrasi OJK / tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setidaknya terdapat 10 pegadaian ilegal bertebaran di  sekitar kampus di wilayah Kota Yogyakarta yang perlu diwaspadai.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau, bukan hanya pinjaman online (pinjol) ilegal saja yang patut diwaspadai, namun juga pegadaian ilegal tersebut.

Diketahui, pegadaian ilegal merupakan jasa gadai yang tidak memiliki izin dari OJK.

Kepala OJK DIY, Parjiman mengungkapkan, ada sekitar 10 pegadaian ilegal yang ditemukan tahun 2022 ini. Kebanyakan pegadaian ilegal berasa di sekitar kampus.

Baca Juga :  Seminggu, Jalan Tol Yogya-Solo Dilalui 58.000 Mobil

“Pegadaian juga harus punya izin dari OJK. Kalau tidak punya berarti ilegal. Kami sudah menemukan 10 pegadaian, di sekitar kampus banyak, misalnya di Babarsari, Jalan Kaliurang,” katanya, Senin (31/10/2022).

Terkait dengan temuan tersebut, pihaknya telah melaporkan kepada Satgas Waspada Investasi (SWI) untuk penutupan.

Ia menerangkan langkah penutupan usaha bukan kali pertama, pihaknya juga pernah merekomendasikan penutupan pegadaian ilegal sebelumnya.

“Sebelumnya juga pernah, ada beberapa pegadaian ilegal yang kami tutup, sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Tetapi kok ini ada lagi,”terangnya.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

Sama seperti pinjol, OJK telah memiliki data pegadaian resmi pegadaian yang telah mengantongi izin OJK. Masyarakat dapat mengecek secara mandiri melalui website ojk.go.id.

Terkait dengan pinjol ilegal, hingga saat ini pihaknya masih menerima aduan dari masyarakat. Hanya saja frekuensinya menurun.

“Pinjol masih ada laporanlaporan, frekuensinya berkurang. Kami tindaklanjuti juga, berkoordinasi dengan SWI. Kalau memang tidak berizin tentu akan kami blokir, sejak 2017 sudah ada 5.000 lebih yang diblokir,”imbuhnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com