JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

6 Objek Wisata di Wonogiri Paling Eksotis dan Keren. Cocok Buat Healing Libur Panjang

Landasan pacu gantole puncak Joglo Wonogiri. Dok. Prokompim Setda Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Libur telah tiba,,hore..horee. Akhirnya libur panjang semester ganjil sudah datang.

Pastinya mengasyikkan ya mengisi liburan sekolah kali ini dengan healing ke objek wisata. Nah, sebagai panduan berikut ini ada daftar objek wisata di Wonogiri yang eksotis nan keren.

Berbicara soal daerah tujuan wisata, Wonogiri tidak bisa dihapus dari daftar panjangnya. Hal ini mengingat daerah ujung tenggara Jateng tersebut menjadi gudangnya objek wisata eksotis nan keren.

Dengan mengunjungi objek wisata, terlebih yang menyajikan eksotisme bentang alam dijamin bisa menjadi sarana relaksasi bagi badan, bisa healing.

Ketika mata terpesona keagungan Tuhan, hati tenang pikiran pun jadi fresh lagi.

Nah, kali ini JOGLOSEMARNEWS.COM mengulas sejumlah destinasi wisata di Kota Mete Wonogiri yang cocok buat menghabiskan liburan sekolah.

Terletak di wilayah perbatasan Jateng-DIY-Jatim-Samudra Hindia, Wonogiri menawarkan banyak lokasi plesiran nan menarik. Tersaji sangat komplit, mulai dari wisata pantai, wisata air tawar, pegunungan, sampai wisata buatan.

Pun lokasinya sebagian besar terjangkau oleh kendaraan, kendati jarak dengan kota terbilang jauh dan menguras tenaga. Namun capek lelah bakal terobati ketika sudah sampai lokasi. Eksotisme bentang alamnya akan menghipnotis pengunjung hingga membangkitkan energi kembali.

Langsung saja, ini dia 6 objek wisata di Wonogiri.

1. Museum Karst Indonesia Pracimantoro

Museum Karst Indonesia berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro. Sekitar 40 kilometer arah barat daya kota Wonogiri. Lokasinya di lembah Bengawan Solo Purba dan dikelilingi tujuh gua karst.

Baca Juga :  Lowongan ASN Kemhan 2024, Total 25.258 Formasi, untuk PNS dan PPPK Tenaga Teknis plus Kesehatan
Museum karst Indonesia Pracimantoro. Dok. Prokompim Setda Wonogiri

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata atau Kepala Disparpora Wonogiri Haryanto, menyebutkan, museum ini semacam membuktikan bahwa Wonogiri merupakan kawasan karst dan termasuk dalam Gunung Sewu Global Geopark Network. Sebut saja diorama kehidupan manusia purba, contoh bebatuan karst, dan proses terbentuknya karst.

2. Pantai Nampu Paranggupito

Pantai Nampu ada di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, sekitar 75 kilometer arah selatan kota Wonogiri. Debur ombak Samudra Indonesia bertemu hamparan pasir putih dan tebing terjal perbukitan karst, nan elok dipandang mata. Ditambah rimbunnya tanaman pandan duri yang berada di samping kanan dan kiri tangga menuruni tebing menuju pesisir.

Pantai Nampu Paranggupito. Dok. JOGLOSEMARNEWS.COM

Kala itu, Camat Paranggupito Sulistyani menerangkan Pantai Nampu ini dilindungi tebing cukup tinggi. Ada tugu penanda batas antara wilayah Wonogiri dan Pacitan Jatim di pantai ini.

3. Pantai Sembukan Paranggupito

Pantai Sembukan berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito. Pantai Sembukan juga sering menjadi lokasi pelaksanaan ritual masyarakat adat. Misalnya larung sesaji ketika bulan Suro.

Pantai Sembukan Paranggupito. Dok. Prokompim Setda Wonogiri. Foto/Aris Arianto

Haryanto menyebutkan, tempat parkir cukup luas, fasilitas seperti toilet, rumah makan, dan tempat ibadah lengkap. Hanya beberapa menit dari Kantor Kecamatan Paranggupito.

4. Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Berbicara mengenai Wonogiri tidak afdol jika tidak menyebut Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Waduk yang pernah menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara itu sangat mudah dijangkau. Dari pusat kota Wonogiri tidak sampai menempuh perjalanan 10 kilometer.

Baca Juga :  Tarso Daftar Cabup Wonogiri Lewat 4 Partai, Gerindra PKB PAN Demokrat
Waduk Gadjah Mungkur Wonogiri. Foto/Aris Arianto

Sejumlah wahana permainan menjadi primadona pengunjung. Seperti taman satwa, perahu wisata, omah jungkir, kampung galau, panggung hiburan, dan waterboom.

5. Air Terjun Setren Girimanik Slogohimo

Air terjun ini ada di lereng selatan Gunung Lawu. Air terjun Girimanik di Desa Setren, Kecamatan Girimarto. Berjarak sekitar 50 kilometer arah timur laut Kota Wonogiri.

Air terjun Setren Girimanik Slogohimo Wonogiri. Dok. Prokompim Setda Wonogiri

Menurut Haryanto, ketika melewati jalur menuju air terjun, kita disuguhi pemandangan khas pegunungan. Ada aliran sungai, hamparan sawah, hingga hijaunya sayuran yang dibudidayakan warga setempat.

6. Landasan Pacu Gantole Puncak Joglo Wonogiri

Bagi anda pecinta olahraga pemacu adrenalin, landasan pacu gantole puncak Joglo Desa Sendang Kecamatan Wonogiri cocok dipilih. Di tempat ini kita bisa melihat Waduk Gajah Mungkur dari atas sambil menikmati sensasi terbang dengan gantole.

Landasan pacu gantole puncak Joglo Wonogiri. Dok. Prokompim Setda Wonogiri

Belum bisa naik gantole? Tenang pengelola di sana menyediakan jasa terbang tandem bersama instruktur, sangat profesional dan terlatih.

“Daerah ini memiliki thermal atau udara panas tergolong tinggi. Sangat pas untuk olahraga dirgantara seperti gantole maupun paralayang,” ujar Kepala Desa atau Kades Sendang Sukamto.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai objek wisata eksotis nan keren di Wonogiri. Tertarik mengunjungi satu atau dua di antaranya, atau malah semuanya? . Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com