JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Aneka Buah Ini Bisa Atasi Sembelit dan Lancarkan BAB

Buah mangga. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buang air besar (BAB) biasanya dilakukan pada pagi hari sehabis tidur semalaman. Tetapi ada banyak orang seringkali mengalami susah (BAB) atau yang kerap disebut sembelit.

Kondisi ini berkaitan erat dengan terganggunya sistem pencernaan atau tidak lancarnya sistem pencernaan. Biasanya masalah susah BAB berhubungan dengan kurangnya asupan serat.

Berbagai macam obat pencahar seringkali menjadi pilihan untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi berbagai macam buah juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah BAB itu.

Ada banyak orang mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi obat-obatan pencahar

Umumnya, buah pepaya yang menjadi alternatif untuk mengatasi BAB atau sembelit tersebut. Namun, selain pepaya ada beragam buah lainnya yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa buah yang dapat melancarkan BAB:

1. Kiwi

Kiwi menjadi salah satu buah yang dapat melancarkan BAB. Kiwi sangat tinggi serat yang menjadikannya makanan yang sangat baik untuk membantu BAB menjadi lancar dan teratur. Satu kiwi sedang (2,6 ons atau 69 gram) mengandung 2 gram serat.

Baca Juga :  Sama-sama Berasa Manis, Ini 5 Pengganti Gula yang Menyehatkan

Dikutip dari Healthline, kiwi telah terbukti sebagai buah untuk melancarkan BAB karena merangsang gerakan di saluran pencernaan dan membantu menginduksi buang air besar.

2. Pir

Pir juga dikenal sebagai buah untuk melancarkan BAB. Pir dapat membantu meringankan sembelit dengan beberapa cara. Pir juga termasuk buah yang tinggi serat. Satu buah pir berukuran sedang (6,3 ons atau 178 gram) mengandung 6 gram serat, memenuhi sekitar 16 persen dan 25 persen kebutuhan serat harian pria dan wanita.

Selain itu, buah pir juga tinggi sorbitol, alkohol gula yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus dan merangsang buang air besar. Kemudian, pir juga mengandung fruktosa, sejenis gula yang hanya bisa diserap dalam jumlah terbatas.

3. Apel

Apel merupakan sumber serat yang baik. Apel kecil (5,3 ons atau 149 gram) menyediakan 3,6 gram serat. Mengutip eatingwell.com, sebuah studi mencatat bahwa pektin yang terkandung dalam apel dapat mengurangi gejala sembelit dengan mengurangi waktu transit tinja yaitu, mempercepat eliminasi.

Baca Juga :  Sama-sama Berasa Manis, Ini 5 Pengganti Gula yang Menyehatkan

4. Plum

Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan 100 gram plum per hari dapat meningkatkan seberapa sering orang memproduksi tinja dan konsistensi tinja dibandingkan dengan psyllium, yang merupakan obat pencahar yang mengandung serat larut OTC.

Selain itu, buah plum juga mengandung sorbitol, sejenis gula alkohol yang sulit dicerna oleh tubuh Anda. Ini dapat membantu meringankan sembelit dengan menarik air ke dalam usus, memacu buang air besar.

5. Mangga

Dikutip dari stylecraze.com, sama seperti buah lainnya, mangga kaya serat dan membantu meringankan sembelit. Namun yang lebih efektif adalah fitokimia dalam daging buah mangga, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu Anda buang air besar. Fitokimia diketahui meningkatkan kesehatan mikrobiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com