JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Aneka Buah Ini Bisa Atasi Sembelit dan Lancarkan BAB

Buah mangga. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buang air besar (BAB) biasanya dilakukan pada pagi hari sehabis tidur semalaman. Tetapi ada banyak orang seringkali mengalami susah (BAB) atau yang kerap disebut sembelit.

Kondisi ini berkaitan erat dengan terganggunya sistem pencernaan atau tidak lancarnya sistem pencernaan. Biasanya masalah susah BAB berhubungan dengan kurangnya asupan serat.

Berbagai macam obat pencahar seringkali menjadi pilihan untuk mengatasi masalah tersebut. Tetapi berbagai macam buah juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah BAB itu.

Baca Juga :  Keramas Baik untuk Kesehatan Rambut, Berapa Kali Dalam Seminggu?

Ada banyak orang mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi obat-obatan pencahar

Umumnya, buah pepaya yang menjadi alternatif untuk mengatasi BAB atau sembelit tersebut. Namun, selain pepaya ada beragam buah lainnya yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa buah yang dapat melancarkan BAB:

1. Kiwi

Kiwi menjadi salah satu buah yang dapat melancarkan BAB. Kiwi sangat tinggi serat yang menjadikannya makanan yang sangat baik untuk membantu BAB menjadi lancar dan teratur. Satu kiwi sedang (2,6 ons atau 69 gram) mengandung 2 gram serat.

Baca Juga :  Rasanya Manis Keasaman, Ini Sederet Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Dikutip dari Healthline, kiwi telah terbukti sebagai buah untuk melancarkan BAB karena merangsang gerakan di saluran pencernaan dan membantu menginduksi buang air besar.

2. Pir

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com