JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas, Bahaya Minuman Suplemen dan Penambah Stamina. Disebut Picu Banyak Kasus Usia 30 Tahun Sudah Gagal Ginjal

Ilustrasi suplemen penambah stamina. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Konsumsi minuman suplemen dan penambah stamina ternyata kurang baik untuk kesehatan.

Bahkan, konsumsi berlebihan minuman yang kerap disebut doping stamina itu dinilai sangat berbahaya karena bisa memicu gagal ginjal.

“Minuman doping atau suplemen itu kalau berlebihan bisa bahaya. Mungkin pinginnya badanya segar tapi sejatinya itu justru nggak baik. Sekarang kan banyak kasus di mana usia usia muda di bawah 30 tahun sudah terserang gagal ginjal karena kebanyakan minum suplemen,” papar PLt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Didik Haryanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (9/12/2022).

Didik menyampaikan untuk menjaga stamina, lebih disarankan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Konsumsi suplemen berlebihan bisa menimbulkan efek buruk kesehatan dalam jangka panjang. Penyakit gagal ginjal sendiri masuk dalam daftar penyakit yang menyumbang kematian cukup besar.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Namun, tiga penyakit berbahaya yang paling mematikan di Sragen itu adalah jantung, paru dan kanker.

“Saat ini penyakit yang paling mematikan tertinggi adalah jantung. Itu menyumbang kematian 30 %. Setelah itu di posisi kedua penyakit paru-paru dan ketiga kanker,” urai Didik.

Didik mengungkapkan tiga penyakit paling mematikan itu biasanya berjangkit karena beberapa faktor.

Faktor utama pemicunya adalah karena pola hidup yang tidak seimbang. Seperti pola makan yang asal enak di lidah tanpa memperhatikan gizi.

“Jadi pola makan ini mestinya tidak hanya yang enak di lidah saja tapi harus memenuhi kebutuhan gizi. Sekarang banyak yang bergeser yang makanan cepat saji dan itu sangat berbahaya karena kandungannya kadang tidak terkontrol,” urainya.

Guna mencegah penyakit mematikan, Didik menyebut kunci utamanya adalah menjaga pola hidup sehat.

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, pola tidur yang teratur, menjaga pikiran serta olahraga teratur akan sangat membantu untuk menjaga kondisi kesehatan.

Baca Juga :  Dagang Ciu di Bulan Ramadhan, Warga Sambungmacan, Sragen Dirazia Polisi, 3 Botol Miras Disita

“Olahraga teratur tentunya disesuaikan dengan umur. Kemudian penting untuk menjaga pikiran agar rileks. Karena sakit itu sendiri kadang juga pengaruhi beban psikologis. Makanya perlu refreshing,” tandasnya.

Pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mencegah sakit itulah yang saat ini tengah digelorakan oleh pemerintah melalui momentum HKN.

Dengan menjaga pola hidup sehat, diharapkan bisa menekan risiko terserang penyakit dan mengurangi tindakan pengobatan.

“Harapannya dengan HKN ini bisa menggerakkan kesadaran masyarakat pentingnya mencegah daripada mengobati. Karenanya kita gencarkan sosialisasi pelayanan pada preventif dan promotif sehingga kalau berhasil mencegah maka akan bisa mengurangi kuratifnya (pengobatan). Karena pencegahan lebih baik dari pada pengobatan, apalagi secara biaya tadi pada jatuh kondisi sakit biaya lebih mahal,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com