JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Presiden Jokowi Pesan Lagu Ojo Dibandingke Versi Gamelan Saat Ngunduh Mantu

Para personel dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta saat latihan untuk mengisi acara dalam rangkaian Ngunduh Mantu Kaesang / Foto: Ando

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Institut Seni Surakarta (ISI) Surakarta, Jawa Tengah, ditunjuk keluarga Presiden Jokowi untuk mengisi hiburan di acara ngunduh mantu yang akan digelar di Lojigandrung dan Pura Mangkunegaran pada Minggu (11/12/2022) mendatang.

Menurut Koordinator Pentas Seni ISI Solo, Guntur Sulistiyono rencananya ada 2 kelompok karawitan yang dipersiapkan untuk acara di Lojigandrung dan juga di Pura Mangkunegaran, Solo.

Baca Juga :  Kapolresta Solo Tegaskan Tak Ada Kasus Penculikan Anak

“Kita sudah 90 persen untuk persiapan di acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina. Untuk latihan cuma satu kali. Kita tidak perlu latihan lama-lama, karena itu tidak efektif,” ujarnya ditemui disela-sela latihan di ISI Solo.

Guntur lalu mengutarakan bahwa, ada permintaan khusus dari keluarga terkait gending yang akan dimainkan saat berada di Pura Mangkunegaran.

“Seperti lagu Ojo Dibandingke, itu nanti di transkrip di gamelan dengan suara sinden. Ada juga kinanti, maskumambang dan ibu pertiwi. Itu ada pada saat Pak Jokowi dan Ibu Iriana turun dari kereta kencana di Pura Mangkunegaran,” jelasnya.

Baca Juga :  Resmikan Solo Techno Park di Solo, Airlangga Hartarto: STP Jadi Ikon Talenta Kreatif

Saat masuk nanti akan ada juga tembang bawa, yakni tembang yang dipergunakan untuk memulai atau mengawali satu gending yang dilakukan seorang pria.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com