JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Tolak  Pemilu Sistem Proporsional Tertutup, DPD Partai Demokrat Jateng:  Ada Upaya Konspirasi Pengkhianatan Terhadap Demokrasi

Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti SE MM / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah menuding ada upaya pengkhianatan demokrasi dan reformasi melalui wacana akan dikembalikannya sistem Proporsional Tertutup pada Pemilu 2004.

Apalagi disayangkan, bahwa  wacana Pemilu sistem proporsional tertutup  tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU  RI, Hasyim As’ari.
Sebuah lembaga  yang mestinya bersikap  netral mengikuti aturan main,  bukan malah membuat aturan baru.

“Statement Ketua KPU RI Hasyim As’ari telah memantik kontroversi yang luas ditengah masyarakat karena selain tidak etis juga tidak kredibel karena KPU bertugas sebagai pelaksana Undang-undang,” ungkap Ketua DPD Partai Demokrat Jawa  Tengah Rinto Subekti, SE, MM kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (30/12/2022).

Pria yang akrab disapa Rinto itu menjelaskan pernyataan Ketua KPU RI itu dicurigai  sebagai upaya konspirasi politik guna mengembalikan Pemilu dengan sistem proporsional tertutup / coblos partai.

Baca Juga :  Sebanyak 32 Anggota Pramuka Kwarcab Karanganyar Ikuti Ajang Eagle Scout Award

Dampaknya adalah sistem tersebut dimungkinkan ada partai politik yang akan sangat diuntungkan demi merebut kemenangan.

Untuk itulah wacana itu lanjut Rinto
kontraproduktif dalam alam demokrasi yang makin terbuka seperti ini.  Kondisi yang  justru akan dimundurkan lagi dengan adanya wacana Pemilu sistem proporsional tertutup.

“Bagi Partai Demokrat penolakan tersebut sebagai ikhtiar untuk menyelamatkan demokrasi dari sandera pembajakan politik oleh kekuatan politik tertentu,” tandasnya.

Apalagi demokrasi Indonesia yang sudah diakui dunia, selama ini dijalankan secara terbuka dan transparan dengan menempatkan rakyat sebagai aktor utamanya.

Siklus yang sudah berjalan tersebut  kini dikejutkan oleh upaya sistematis  untuk memundurkan demokrasi.

Baca Juga :  Sebanyak 32 Anggota Pramuka Kwarcab Karanganyar Ikuti Ajang Eagle Scout Award

Menurut Rinto, Pemilu dengan sistem proporsional tertutup merupakan bentuk nyata pembodohan rakyat (publik),  sekaligus  mengkianati cita-cita reformasi yang mengamanatkan sistem demokrasi secara terbuka dengan menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

“Pemilu dengan sistem proporsional tertutup adalah mengembalikan sistem coblos partai sehingga rakyat tidak diberi keleluasaan memilih pemimpin terbaik yang dekat dan disukai rakyat karena hanya coblos partai saja,” pungkas Rinto.

Menurut Rinto, sistem Pemilu proporsional tertutup hanya akan membodohi rakyat sehingga  harus dilawan.

Karena itu,  DPD Partai Demokrat Jateng mengajak semua komponen masyarakat pecinta demokrasi untuk menolak dan melawan digulirkannya sistem Pemilu proporsional tertutup demi keselamatan demokrasi di bumi pertiwi.  Beni Indra

.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com