JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ada Berbagai Bentuk Kepala Sikat Gigi, Rekomendasi Dokter?

Ilustrasi pasta gigi. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Menyikat atau menggosok gigi adalah rutinitas untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Dalam sehari setidaknya menyikat gigit dilakukan dua kali, yakni sehabis makan pagi dan sebelum tidur Membersihkan mulut secara keseluruhan.

Jika kita perhatikan, di pasaran ada beragam jenis sikat gigi yang dijual.

Melansir laman Express, Senin (30/1/2023), dokter gigi mengatakan sikat kecil berkepala bulat bagus untuk membersihkan “area yang sulit dijangkau”. Direktur klinis dan dokter gigi utama di Paste Dental, Alan Clarke, menjelaskan bentuk yang berbeda akan sesuai dengan individu yang berbeda.

Sikat gigi yang digunakan tergantung pada kebutuhan kesehatan mulut dan preferensi pribadi masing-masing. Umumnya, menurut drg Clarke, kepala sikat gigi kecil dengan bentuk ringkas paling baik digunakan untuk membersihkan sekitar garis gusi dan area yang sulit dijangkau di bagian belakang mulut.

Contohnya, kepala sikat berbentuk bulat. Kepala sikat bulat biasanya ditemukan pada sikat gigi elektrik.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

“Sebagai dokter gigi, kami sangat menyukai sikat elektrik karena kepala bulat ini dirancang untuk berputar dan berosilasi yang luar biasa dalam menghilangkan plak serta partikel makanan, sering kali lebih efektif daripada menggunakan sikat gigi manual,” ujar drg Clarke.

Menurut drg Clarke, kepala sikat bulat juga lebih kecil sehingga lebih baik untuk mengakses area yang sulit dijangkau atau di sekitar kawat gigi ortodontik,. Namun, dia memperingatkan kadang-kadang bulu sikat gigi berkepala bulat lebih lembut daripada bulu sikat kasar dari beberapa sikat gigi manual.

Tetapi, bulu sikat pada sikat gigi berkepala bulat juga dapat terasa terlalu keras pada gusi yang meradang atau lunak. Jika seseorang sering mengalami masalah gigi akut, Paste Dental merekomendasikan untuk menggunakan sikat manual yang lembut agar gusi memiliki kesempatan untuk sembuh, bebas dari iritasi, atau trauma lebih lanjut.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Sementara itu, pendiri dan kepala dokter gigi di Serene di London, drg Safa Al-Naher menyebut sikat gigi terbaik haruslah “cukup kecil” untuk bisa menyikat tempat yang sulit dijangkau di dalam mulut. Misalnya untuk menyikat gigi bungsu di bagian belakang mulut.

Sikat gigi juga harus nyaman digunakan. Kelebihan kepala sikat gigi berbentuk bulat adalah ukurannya yang cukup kecil membuatnya bisa langsung masuk ke bagian belakang mulut.

Setelah mengetahui kelebihan sikat gigi berkepala bulat, cara pakainya juga harus diperhatikan. Pada sebagian orang, sikat gigi seperti itu bekerja dengan sangat baik.

“Tetapi jika Anda tidak menggunakannya dengan benar, ada kecenderungan untuk menyebabkan penurunan gusi,” ujar drg Al-Naher.

Di sisi lain, kedua dokter sepakat sikat gigi berbentuk oval juga memiliki kelebihan. Kelebihannya adalah gerakan menggunakan gelombang suara untuk menggetarkan plak dan dapat mencakup lebih banyak gigi sekaligus, menurut drg Al-Naher.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com