JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bayam, Sayuran Kaya Nutrisi, Apa Saja?

Bayam. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Bayam merupakan salah satu sayuran yang mudah temukan di Indonesia. Selain menjadi favorit, bayam juga mengandung banyak nutisi.

Bayam termasuk sayuran rendah kalori dan banyak serat, selain itu bayam juga cocok dijadikan menu dalam program diet.

Mengutip Medical News Today, dalam satu cangkir sayur bayam mentah mengandung 7 kalori, 0,86 gram protein, 29,7 miligran kalsium, 0,81 gram zat besi, 24 miligram magnesium, 167 miligram potasium, 141 mikrogram vitamin A, 58 mikrogram folat

Nutrisi bayam

1. Zat besi

Sayur bayam adalah sumber zat besi yang bergizi, mineral yang sangat penting dalam mengangkut oksigen dalam darah. Zat besi juga penting untuk menjaga kesehatan kehamilan, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu proses pencernaan.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Seseorang bisa meningkatkan penyerapan zat besi tubuhnya dari produk nabati mengonsumsi bayam bersama makanan yang mengandung vitamin C.

2. Kalsium

Tubuh lebih mudah menyerap nabati ini ini lebih mudah daripada kalsium susu. Bayam juga memiliki kandungan oksalat yang tinggi yang mengikat kalsium dan menyulitkan tubuh untuk menggunakannya.

3. Magnesium

Nutrisi ini dibutuhkan untuk metabolisme energi, menjaga fungsi otot dan saraf, irama jantung teratur, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tekanan darah ideal. Magnesium juga bermanfaat untuk reaksi biokimia dalam tubuh.

Bayam mengandung vitamin apa saja?

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Mengutip Healthline, bayam juga mengandung beragam vitamin, seperti:

1. Vitamin A

Bayam banyak mengandung karotenoid yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A.

2. Vitamin C

Vitamin ini antioksidan kuat yang meningkatkan kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh.

3. Vitamin K1

Vitamin ini sangat penting untuk pembekuan darah. Sayur bayam mengandung lebih dari setengah kebutuhan harian diperlukan.

4. Asam folat atau vitamin B9

Senyawa ini sangat penting untuk ibu hamil dan penting untuk fungsi sel normal dan pertumbuhan jaringan. Bayam juga mengandung banyak senyawa tumbuhan penting, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Senyawa itu bermanfaat menjaga kesehatan mata hingga mengurangi peradangan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com