JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari karena Tinggi Kolesterol

Ilustrasi daging merah. Foto: pixabay.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Banyak orang percaya bahwa kolesterol dalam makanan dapat meningkatkan kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu sebagian orang mengatakan agar menghindari makanan kaya kolesterol seperti telur dan jeroan. Tapi apakah hal itu benar?

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa beberapa makanan tinggi kolesterol mungkin tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tidak perlu menghindari semua makanan tinggi kolesterol yang tidak sehat dalam diet. Kebanyakan orang dapat mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dalam jumlah sedang, yang memiliki kolesterol tinggi tetapi kandungan lemak jenuhnya rendah.

Berikut makanan tinggi kolesterol yang harus dihindari dikutip dari Clevand Clinic.

Daging merah

Steak, daging sapi panggang, iga, daging babi, dan daging giling cenderung memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Pilih 90 persen daging giling tanpa lemak, potongan daging sapi tanpa lemak seperti sirloin, tenderloin, steak filet atau flank, pinggang babi atau tenderloin, dan fokuskan pada sumber protein hewani rendah lemak, seperti unggas panggang tanpa kulit atau unggas tanpa lemak.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Daging olahan

Sebaiknya membatasi daging olahan secara umum karena kandungan sodiumnya yang tinggi dan nutrisi yang rendah. Padahal, bacon, sosis, dan hot dog biasanya dibuat dari potongan daging sapi atau babi yang berlemak. Jika harus makan daging olahan, pilihlah sosis olahan minimal atau daging deli yang terbuat dari kalkun atau ayam tanpa lemak.

Susu penuh lemak

Susu murni, mentega, dan yogurt penuh lemak serta keju mengandung lemak jenuh tinggi. Keju juga cenderung tinggi sodium. Batasi keju hingga sekitar 3 ons per minggu, dan pilih keju part-skim seperti Swiss atau mozzarella saat memasak. Minumlah susu skim tanpa lemak, 1 persen atau 2 persen untuk mendapatkan asupan kalsium. Cari varietas yogurt tanpa lemak atau rendah lemak. Gunakan minyak zaitun extra virgin atau minyak alpukat sebagai pengganti mentega.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Gorengan

Kentang goreng, ayam goreng dengan kulit, dan makanan lain yang dimasak dengan deep fryer memiliki lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah tinggi dari minyak yang dimasak. Pilihan yang lebih baik adalah ayam panggang atau kalkun tanpa kulit, kentang yang diolah dengan cara dipanggang dengan sedikit minyak zaitun. Coba gunakan penggorengan jenis air fryer untuk rasa makanan gorengan rendah lemak.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com