JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Diilhami Pidato Bung Karno, 35 Siswa Pilihan SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Digembleng LDK di Lereng Gunung Lawu

Para siswa pengurus OSIS dan Pramuka SMK Pelita Bangsa Sumberlawang saat mengikuti LDK di Tawangmangu. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 35 siswa dari Pengurus Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan Dewan Ambalan Pramuka (Praja Muda Karana) SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen, mendapat pembekalan dengan kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK).

Tak main-main, LDK digelar di lereng Gunung Lawu wilayah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Diilhami dari pidato Presiden Pertama RI Ir Soekarno, LDK digelar dengan tujuan membentuk dan membangun jiwa kepemimpinan bagi para pengurus di dua organisasi di sekolah tersebut.

Kepala SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen, Andi Kusnanto mengatakan LDK digelar selama dua hari tanggal 13 hingga 14 Januari 2023.

Menurutnya tujuan acara itu adalah pembentukan dan pembangunan jiwa kepemimpinan paling dasar yang wajib diketahui, dimiliki serta dilakukan mereka yang terpilih sebagai pengurus Osis dan Dewan Ambalan Pramuka.

“Sehingga ada proses berkesinambungan antara para senior kepada yuniornya dengan bimbingan dan arahan dewan guru pendidik di SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen,” paparnya Selasa (17/1/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan LDK dilaksanakan sebagai bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Jelang Masa Jabatan Berakhir, Bupati Sragen Gelar Halal Bi Halal dan Mohon Maaf di Sumberlawang dan Miri

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila menjadi penting dilaksanakan dengan alokasi waktu khusus. Hal itu guna memberi kesempatan kepada peserta didik agar mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

LDK ini juga bagian dari menerjemahkan pidato Bung Karno yaitu “Beri Aku 10 Pemuda, Maka Akan Kuguncang Dunia!” (Soekarno),” tandasnya.

Alasan Pemilihan lokasi di Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, menurut Andi agar proses latihan LDK tsb benar-benar fokus dan tidak terganggu oleh keramaian atau kedekatan lokasi.

Lokasi yg dipilih juga jauh dari signal komunikasi HP yang dikhawatirkan bisa mengganggu acara yang dijalani siswa.

Selama dua hari, puluhan siswa terpilih itu mendapat beberapa materi yang dibagi dalam beberapa sesi.

Para siswa pengurus OSIS dan Pramuka SMK Pelita Bangsa Sumberlawang saat pose bersama ketika mengikuti LDK di Tawangmangu. Foto/Wardoyo

Di antaranya Sesi Kepemimpinan: Penyampaian materi tentang mengenai karakter pemimpin yang benar dan bertanggung jawab secara baik.

Kemudian Sesi Komunikasi menyangkut penyampaian materi tentang mengenai cara-cara berkomunikasi yang benar sebagai layaknya seorang pemimpin, dan ketika lulus benar-benar menjadi pemimpin yg dahsyat dan mampu.

Baca Juga :  Usai Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Ketua Umum Gribranholic Sudirman Dukung Prabowo Gibran Menuju Indonesia Emas

Ketiga, sesi Problem Solving atau challenge proses manajemen konflik yakni penyampaian materi tentang mengenai cara-cara seorang pemimpin memecahkan masalah secara efektif dan benar.

Lantas keempat sesi Dinamika Kelompok berupa permainan-permainan yg bisa menimbulkan kefahaman tentang memimpin dan dipimpin.

Andi Kusnanto. Foto/Wardoyo

Materi ditutup dengan sesi agama yakni terkait penyuluhan dan penyampaian materi tentang mengenai agama yg mengajarkan pemimpin ideal yg telah menjadi teladan umat manusia.

“Hal ini penting bagian dari pelaksanaan jiwa Pancasila yg termuat dalam sila kesatu yakni Ketuhanan Yang Maha Esa,” tandasnya.

Ketua OSIS SMK Pelita Bangsa Sumberlawang, Sidik mengaku sangat senang dengan kegiatan LDK yang menurutnya sangat luar biasa dan bermanfaat bagi siswa.

LDK ini bagi saya adalah kegiatan yang sangat luar biasa, karena dapat mengajarkan jiwa kepemimpinan dan kedisiplinan kepada pengurus organisasi,” ujarnya.

Senada, Ketua Pramuka SMK Pelita Bangsa Sumberlawang, Kory Febryan juga menyambut baik.

“Bagi saya kegiatan ini harus terus diadakan guna meningkatkan kualitas, kemampuan dan kedisiplinan bagi siswa-siswi SMK Pelita Bangsa Sumberlawang,” ucapnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com