JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Sehat, Hindari Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi Ini

Ilustrasi daging / pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan gangguan berbagai masalah kesehatan. Pakar kesehatan mengingatkan bahwa mengetahui angka kolesterol itu penting, karena berkaitan dengan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Pendiri Preventive Cardiology Consultants, Elizabeth Klodas, menyarankan menghindari empat makanan dengan kolesterol tinggi.

Merilis Medical Daily, salah satu makanan yang dimaksud yakni daging olahan. Pakar kesehatan sejak lama mengingatkan keburukan makan daging olahan seperti bacon dan sosis. Salah satunya meningkatkan kadar kolesterol. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan daging olahan mengandung natrium, lemak jenuh, dan karsinogen.

Selanjutnya, daging merah. Klodas menegaskan daging merah, termasuk burger, iga, steak, dan potongan daging babi, mengandung lemak jenuh dan meningkatkan kadar kolesterol. Namun, karena hampir tidak mungkin bagi banyak orang untuk menghindarinya, dia menyarankan untuk makan daging merah setidaknya seminggu sekali.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng juga perlu dihindari. Menggoreng makanan biasanya meningkatkan jumlah kalori karena lemak jenuh atau trans dan kolesterol diserap oleh makanan selama proses tersebut, kata Klodas. Selain itu, makanan yang dipanggang seperti biskuit, kue bolu, dan kue kering karena biasanya padat kalori dan rendah nutrisi. Hidangan ini juga mengandung banyak gula dan lemak jenuh yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Klodas menegaskan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjauhi makanan pemicu kolesterol tinggi tersebut. Dia menyarankan makan pilihan yang lebih sehat. Alih-alih daging merah, pilihlah protein tanpa lemak dari ikan. Singkirkan makanan yang digoreng dan pilih kangkung atau brokoli.

Untuk makanan olahan, tidak ada alternatif yang lebih baik selain menghindarinya. Sedangkan untuk makanan yang dipanggang, cara terbaik adalah memanggangnya di rumah dan mengontrol jumlah minyak dan gula yang digunakan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com