JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Lidah Berwarna Ungu, Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Meski demikian koleslerol tinggi wajib diwaspadai karena dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan.

Naiknya kadar kolesterol yang dialami seseorang kerap tidak disadari karena minimnya gejala yang muncul.

Kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan plak di arteri yang bisa menyebabkan komplikasi seperti stasis darah atau aliran darah yang tersumbat bahkan terhenti. Ini bisa terdeteksi dari perubahan warna lidah.

Menurut jurnal Frontiers in Medicine, lidah berwarna ungu tua dan membesarnya pembuluh darah sublingual pada lidah merupakan tanda penting dari stasis darah. “Ujung lidah berwarna ungu kebiruan dan mungkin juga terdapat tanda bercak darah di ujungnya. Pembuluh darah sublingual berwarna gelap atau bengkok dan tebal,” jelas Science Direct.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Stasis darah adalah gejala kolesterol tinggi. Itu terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan. Hal ini dapat mengurangi kecepatan aliran darah, menyebabkan obstruksi parsial, dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Dalam kebanyakan kasus, lidah berwarna ungu berarti darah tidak bersirkulasi dengan baik pada tubuh. Ini dapat menunjukkan bahwa darah gagal memberikan oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Ini juga bisa berarti bahwa darah merah gelap yang menunjukkan kekurangan oksigen, berbeda dengan darah merah berwarna lebih terang yang kaya akan oksigen.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Penyebab Lain Lidah Berwarna Ungu

Beberapa kondisi lain yang berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah dapat menyebabkan perubahan warna lidah menjadi ungu atau biru. Sianosis sentral, yang menyebabkan oksigenasi arteri yang buruk, berhubungan dengan clubbing dan perubahan warna kebiruan pada selaput lendir seperti lidah.

Menurut Oral Cancer Foundation, kanker lidah dapat menghasilkan warna merah tua atau ungu pada permukaan dalam mulut. Lidah ungu atau kebiruan juga bisa menandakan kekurangan vitamin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com