JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Selamat, Sejumlah Guru dan Pegawai Kemenag Sragen Dapat Penghargaan Satya Lencana dari Presiden Jokowi. Disematkan Langsung Oleh Bupati

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat menyematkan penghargaan Satya Lencana dari Presiden Jokowi kepada guru dan pegawai Kemenag Sragen berdedikasi 10 hingga 30 tahun di HAB, Selasa (3/1/2023). Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya secara simbolis kepada ASN/PNS di lingkungan Kankemenag Sragen masa bakti 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Mereka adalah para tokoh di Kemenag Sragen yang mendapat penghargaan langsung dari Presiden Jokowi.

Mulai dari guru hingga PNS maupun pegawai yang bekerja dengan pengabdian terpilih di bawah naungan Kantor Kemenag Sragen.

Penyematan satyalencana itu dilakukan usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 yang digelar di Alun – Alun Sasono Langen Putro Sragen, Selasa (3/1/2023).

Peringatan Hari Amal Bakti yang diperingati setiap tanggal 3 Januari ini, Tahun 2023 kali ini mengusung tema “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”.

Saat menjadi Irup, Bupati Yuni membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutan tersebut disampaikan menjelang tahun politik dan Pemilu 2024 penggunaan politik identitas harus diantisipasi agar kerukunan umat tidak ternodai.

“Semua mesti belajar pada apa yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, dimana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial. HAB ke-77 tahun 2023 ini, dicanangkan dengan tagline Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kemenag. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang pemilu 2024,” katanya.

Baca Juga :  Pesta Rakyat dalam Dimensi Ekonomi Kreatif dan Kesejarahan: Hari Jadi Sragen ke-278

Pada momen ini, orang nomor satu di Sragen itu juga mengucapkan Selamat HAB Ke-77 Kemenag Tahun 2023.

Ia berharap semoga momentum tersebut menjadi tambahan semangat dan motivasi bagi keluarga besar Kementerian Agama di Kabupaten Sragen.

“Untuk selalu meningkatkan kinerja, meningkatkan profesionalitas, meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sragen,” tuturnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sragen, Ihsan Muhadi menyampaikan terkait busana upacara, sesuai dengan tema nasional yakni Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat.

Dalam hal ini ditekankan peran serta seluruh keluarga besar Kementerian Agama (Kemenag) untuk merawat, dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Ihsan menambahkan setelah HAB ke -77 ini para ASN di lingkup Kemenag Sragen memberikan kinerja dan layanan yang terbaik. Terutama dalam hal pendampingan dan fasilitasi pada umat beragama.

Baca Juga :  Jalan Desa di Sragen Semakin Mulus dengan Pintas Pinggiran, Apa Itu?

Dia menyampaikan sejauh ini layanan pada umat beragama berjalan dengan baik. Termasuk layanan dari para penyuluh keagamaan. Selain itu komunikasi dan koordinasi berjalan dengan baik.

“Terkait evaluasi, profesionalitas ASN dalam lingkup Kemenag harus lebih ditingkatkan. Apalagi pada era digitalisasi saat ini, perlu ditambah kemampuan untuk para ASN. Utamanya dalam bidang digital. Karena hampir semua layanan termasuk dari pusat ini menggunakan digital,” jelasnya.

Selain itu perlu suntikan semangat bagi para ASN. Tidak hanya bekerja untuk kebutuhan lahiriah saja. Namun bekerja dengan diniati landasan ibadah.

“Insya Allah dengan ini melandasi semangat kami untuk mewujudkan suatu hal yang besar,” ujarnya.

Upacara tersebut diikuti oleh para pejabat struktural dan fungsional serta para ASN dan Non ASN di lingkungan Kankemenag Sragen.

Selain Bupati, juga hadir Wakil Bupati, Suroto, para Pejabat Forkopimda, perwakilan unsur OPD, perwakilan pimpinan Ormas keagamaan, organisasi fungsional, Kepala KUA/Penghulu, Penyuluh Fungsional, Pengawas Pendidikan Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam serta para Kepala Madrasah.

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama mereka mengenakan pakaian adat nusantara. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com