JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Tips Aman Mengiris Bawang Tanpa Menangis

Dok

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bawang merupakan bumbu dapur yang hampir selalu digunakan untuk bumbu masak. Tetapi seringkali saat mengupas mengupas, mengiris, atau memotongnya harus dengan perjuangan, karena mata bisa tiba-tiba terasa terbakar dan mengeluarkan air mata.

Meski begitu, reaksi orang terhadap bawang berbeda-beda, sebagian orang lebih sensitif daripada yang lain. Penyebab orang dapat menangis saat mengiris bawang berkaitan dengan mekanisme pertahanan. Saat bawang dipotong, enzim yang disebut alliinases dilepaskan dari sel yang rusak, dan pada saat itu gas dilepaskan yang bergerak melalui udara dan mengiritasi selaput mata.

Baca Juga :  Penting, Ini Ciri-ciri Rem Mobil Habis

Dilansir Express.co.uk, Chef Julie Andrews mengatakan, reaksi tubuh terhadap gas yang menyentuh permukaan mata menciptakan air mata untuk mengeluarkan gas dari mata.

Tapi tidak semua bawang sama kuatnya. Bawang bombay putih (bawang manis) atau daun bawang mengandung lebih sedikit belerang daripada bawang putih atau bawang merah tradisional, sehingga reaksi yang ditimbulkan lebih kecil.

Cara memotong bawang juga bisa mengurangi reaksinya. Dilansir dari Express.co.uk, berikut beberapa cara yang telah dicoba dan diuji untuk memotong bawang tanpa menangis.

Baca Juga :  Penting, Ini Ciri-ciri Rem Mobil Habis

1. Potong bawang di bawah tudung asap

Aliran udara dapat membuat perbedaan besar. Julie mengatakan memotong bawang di area yang berventilasi baik berarti akan lebih sedikit gas yang bersentuhan dengan mata.

Cobalah bekerja di bawah tudung asap dengan ventilasi tinggi, pastikan udara bertiup ke bawah, dan tidak menyedot udara ke atas. Bisa juga dengan membuka jendela dan membiarkan angin sepoi-sepoi masuk untuk mengencerkan gas di udara.

2. Gunakan pisau yang tajam

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com