JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

3 Pekerja Blok Rokan Tewas dalam Kontainer Limbah

Ilustrasi mayat / republika
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS – Tiga orang pekerja PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) ditemukan meninggal dalam kontainer limbah di kawasan Blok Rokan, Rokan Hilir, Riau, Jumat (24/2/2023).

Terkait dengan insiden tersebut, Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman, meminta Komite Audit Pertamina dan penegak hukum melakukan investigasi menyeluruh penyebab peristiwa tersebut.

Yusri mengatakan, investigasi dapat dimulai dari proses kerjasama antara PPLI dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

“Kami mendapatkan informasi bahwa kontrak kerja PT PPLI dengan PT PHR konon tidak melalui mekanisme tender, tetapi dengan penunjukan langsung, informasi inilah yang harus ditelisik oleh penegak hukum apakah benar,” ungkap Yusri, Minggu (26/2/2023).

Menurut Yusri, proses pengadaan barang dan jasa melalui mekanisme tender lazimnya lebih selektif terhadap segala aspek kemampuan calon rekanan dibandingkan mekanisme penunjukan langsung. Tak terkecuali terkait aspek kesehatan keselamatan kerja (K3).

“Apa alasan dan pertimbangan PT PHR menunjuk langsung PT PPLI sebagai rekanan untuk melaksanakan pekerjaan dengan harga yang jauh lebih mahal dari kontraktor sebelumnya,” beber Yusri.

 

Yusri mengatakan, dirinya berharap dan mendorong semua pihak termasuk penegak hukum untuk memeriksa proses penunjukan PT PPLI sebagai pelaksana pekerjaan oleh PT Pertamina Hulu Rokan.

www.tribunnews.com

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com