JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cegah dan Minimalkan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Wonogiri Libatkan Seluruh Elemen

Bawaslu
Siaga Pengawasan Pemilu di kantor sekretariat Bawaslu Wonogiri, Selasa (14/2/2023). Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bawaslu Wonogiri melibatkan seluruh elemen dalam pengawasan Pemilu. Hal itu untuk mencegah dan meminimalkan terjadinya pelanggaran.

Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub melalui Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Wonogiri, Isnawati Solihah, mengatakan selama satu tahun kedepan tahapan Pemilu akan terus berjalan. Secara otomatis Bawaslu juga akan mengawasi setiap tahapannya.

Pihaknya tak memungkiri keterbatasan personil Bawaslu menjadi kendala dalam segala pengawasan tahapan Pemilu di Wonogiri. Terlebih dengan kondisi wilayah kabupaten ujung tenggara Jateng yang cukup luas itu.

Untuk itu Bawaslu Wonogiri melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam pengawasan terhadap tahapan Pemilu, termasuk dari kelompok pemilih pemula hingga para penyandang disabilitas.

Baca Juga :  Daftar Peluang Usaha Menguntungkan Saat Cuaca Dingin Bediding

“Harapannya upaya itu dapat mencegah dan meminimalkan terjadinya pelanggaran Pemilu di tahapan-tahapan yang berjalan,” jelas Isnawanti Solihah usai menggelar acara Siaga Pengawasan Pemilu di kantor sekretariat Bawaslu Wonogiri, Selasa (14/2/2023).

Isnawanti Solihah menjelaskan pihaknya juga sudah melakukan pemetaan pelanggaran yang pernah atau sering menjadi temuan Bawaslu Wonogiri.

“Contohnya money politics, masyarakat tidak sepenuhnya tahu dan paham tentang jeratan dan larangan money politics. Berita hoax dan kampanye hitam juga sering terjadi,” beber dia.

Baca Juga :  Setyo-Imron, Tarso-Teguh, Puput-Jumariyanto, Pilih Mana Lur Warga Wonogiri?

Menurutnya sosialisasi dan melibatkan masyarakat dalam pengawasan itu juga sebagai bentuk pencegahan terhadap potensi-potensi pelanggaran.

Di bagian lain, menurut Isnawanti Solihah saat ini Bawaslu Wonogiri melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dimulai pada Minggu (12/2/2023) lalu

“Hari ini tadi momen tanggal 14 Februari, persis tanggal pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Bawaslu ingin melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam pengawasan partisipasif,” kata Isnawanti Solihah.

Dalam momen itu, Bawaslu melaunching aplikasi “Jarimu Awasi Pemilu” sebagai sarana informasi dan sosialisasi serta kanal aduan untuk masyarakat melapor apabila melihat suatu pelanggaran Pemilu. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com