JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Program Seragam Sekolah Gratis 2023 Kembali Berlanjut, Segini Anggarannya

Seragam Gratis
Penyerahan seragam gratis bagi siswa SD dan SMP di Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sudah beberapa tahun program seragam sekolah gratis bergulir di Wonogiri.

Tahun 2023 inipun kembali program seragam sekolah gratis diterapkan.

Untuk keperluan pendanaan program seragam sekolah gratis Pemkab Wonogiri menganggarkan Rp9 miliar.

Sebagai informasi, program seragam gratis itu telah dijalankan Pemkab Wonogiri sejak 2020 lalu. Sejak 2020-2022, sudah ada 66.856 siswa yang diberi seragam gratis dengan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 27,6 miliar.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan program seragam sekolah gratis tetap berlanjut di tahun ini. Apalagi, itu adalah salah satu program prioritas Pemkab Wonogiri.

Sasaran program seragam sekolah gratis adalah siswa kelas I SD dan siswa kelas VII SMP.

Menurut Bupati Jekek program seragam sekolah gratis itu ditujukan untuk membantu masyarakat. Khususnya orang tua yang anaknya awal masuk sekolah.

Baca Juga :  Cara Beradaptasi dengan Pola Makan Pasca Puasa Ramadhan 2024

Bupati Jekek pada saat penyerahan seragam gratis medio Oktober 2022 lalu juga pernah menyampaikan pendidikan adalah modal awal perubahan menuju Wonogiri maju, mandiri dan sejahtera.

“Untuk tahun 2023 ini anggaran untuk program seragam sekolah gratis sekitar Rp 9 miliar,” kata Bupati Jekek baru baru ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri FX. Pranata menuturkan dasar penganggaran seragam sekolah gratis adalah penghitungan jumlah siswa dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Pengalokasian per siswa juga berdasar Dapodik.

Dia merinci, alokasi anggaran untuk program seragam gratis siswa SD senilai Rp 3,63 miliar. Sementara untuk seragam gratis SMP Rp 5,4 miliar. Jadi program seragam gratis menelan lebih dari Rp 9 miliar.

Baca Juga :  Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Tetap Jadi Primadona Lebaran 2024

“Perencanaannya jenis seragam yang dibagikan masih sama seperti tahun lalu,” kata dia.

Diketahui, pada 2022 lalu siswa kelas I SD/MI mendapatkan tiga stel seragam sekolah. Itu terdiri dari satu stel seragam putih merah, satu stel seragam pramuka dan satu stel seragam batik.

Sementara untuk siswa kelas VII SMP/MTS juga mendapatkan tiga stel seragam. Rinciannya masing-masing satu stel seragam putih biru, seragam batik dan seragam pramuka.

Pranata menuturkan, jumlah pasti siswa penerima seragam gratis sudah ada estimasinya. Hanya saja, untuk jumlah pastinya menunggu hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Sekarang estimasi sudah ada. Progres dari tahun-tahun sebelumnya sudah bisa diprediksi. Nanti tambah kurang bisa dilakukan,” beber Pranata. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com