JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Berolah Raga Saat Puasa, Siapa Takut? Ini Tipsnya

Ilustrasi gowes / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Bagi orang yang terbiasa dengan olah raga rutin,  jika sampai tidak berolah raga barang seminggu saja,  tentu tidak enak di badan.

Nah, masalahnya, selama bulan puasa di mana asupan makanan dan minuman kurang dari biasanya, orang mungkin akan malas gerak (Mager) untuk  berolah raga.

Namun sebenarnya inilah tantangan yang sesungguhnya, bagaimana seseorang bisa menjalankan ibadah, namun tetap mampu menjaga keseimbangan dengan berolah raga.

Kalian tidak perlu khawatir tubuh bakal terforsir, karena sebenarnya ada sejumlah jenis olah raga yang ramah untuk dilakukan saat tubuh sedang berpuasa.  Ini rinciannya:

 

  1. Bersepeda

 

Bersepeda atau gowes dapat dijadikan salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini dapat membantu membakar lemak dan kalori serta menyehatkan jantung dan otot. Bersepeda dapat dilaksanakan menjelang waktu berbuka puasa, supaya tidak terlalu melelahkan tubuh. Bersepeda santai menjelang berbuka dapat membuat pikiran lebih tenang dan meredakan stres.

 

  1. Latihan beban

Latihan beban bisa dijadikan rekomendasi untuk olahraga saat berpuasa. Hanya saja, atur beban yang sesuai dengan kekuatan dan jangan terlalu memberatkan. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram saat mengangkat beban. Selain itu jangan terlalu banyak repetisi.

 

  1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang berfokus di teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks. Selain itu, yoga juga membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur. Yoga dapat dijadikan jenis olahraga yang dilakukan di rumah dan tidak memerlukan energi yang banyak.

 

  1. Jalan santai

Jalan santai adalah olahraga fisik yang tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga. Jalan santai ini dilakukan dengan durasi 30-45 menit dengan catatan tetap memperhatikan kondisi ketahanan tubuh masing-masing. Rutin melakukan jalan santai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi jantung, tulang, dan otot.

 

  1. Sit up dan push up

Sit up dan push up adalah olahraga yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa karena ringan dan tidak memerlukan banyak energi. Sit up dan push up masuk ke dalam kategori latihan kekuatan dan baik untuk tubuh, terutama saat berpuasa. Sebab, kedua latihan kekuatan ini membuat tubuh tetap bugar dan sehat selama puasa, serta menjaga berat badan tubuh tetap ideal.  

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com