JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Mengenal 8 Jenis Kurma dan Perbedaannya

Ilustrasi kurma. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kurma menjadi salah satu camilan favorit untuk takjil atau berbuka puasa. Mengutip Healthline, porsi 3,5 ons kurma mengandung serat 7 gram.

Serat berperan penting untuk kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Serat kurma juga bermanfaat untuk mengendalikan gula darah. Serat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

Selain itu buah kering dengan rasa manis ini juga mengandung sebesar 277 kalori. Sebagian besar kalori dalam kurma bersumber dari karbohidrat. Sisanya dari kandungan protein yang kecil. Manfaat kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting.

Ada berbagai jenis kurma, masing-masing memiliki rasa yang khas. Berikut ini adalah jenis-jenis kurma.

1. Medjool

Mengutip Times of India, budi daya kurma ini banyak di Arab Saudi, Yordania, dan Maroko. Jenis ini varietas kurma berwarna cokelat yang paling populer.

2. Oman

Jenis kurma ini berasal dari Oman dan dikenal memiliki warna cokelat yang gelap dibandingkan dengan jenis lainnya. Ukurannya lebih besar dan agak berair.

3. Deglect nour

Varian kurma ini memiliki warna cokelat keemasan gelap dan berasal dari Tolga di Aljazair. Bentuknya oval memanjang, kurma ini memiliki ukuran sedang dengan tekstur yang lembut dan manis.

4. Khudri

Berasal dari Arab Saudi, varian kurma ini cukup manis dan tersedia dalam ukuran kecil dan besar. Kurma ini memiliki serpihan di kulit dan warnanya cokelat tua dengan sedikit kerutan.

5. Zahidi

Varian kurma yang berasal dari Irak Utara ini berwarna cokelat muda dan memiliki rasa seperti selai kacang. Kurma ini berbentuk oval dan memiliki ukuran sedang.

6. Safawi

Varian kurma ini lebih manis dari Khudri dan berwarna hitam gelap. Kurma ini berasal dari Arab Saudi dan bentuknya agak bulat berukuran sedang.

7. Sukkari

Kurma sukkari bertekstur renyah. Kurma ini biasanya untuk hidangan penutup, isian roti, campuran kue, jus, dan salad. Kurma sukkari biasanya banyak dijual di Indonesia saat Ramadan.

8. Ajwa

Kurma ajwa juga cukup mudah ditemukan di Indonesia. Warnanya yang cokelat tua kehitaman dan tekstur yang lembut.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com