JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Redakan Dehidrasi dengan Buah dan Minuman

Ilustrasi air kelapa. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat berpuasa tubuh akan mengalami dehidrasi. Sinyal tubuh mengalami dehidrasi ringan adalah rasa haus.

Dehidrasi disebabkan oleh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan dehidrasi, antara lain panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan.

Adapun gejala dehidrasi meliputi merasa pingsan, pusing, haus, lelah, mulut kering, atau sulit fokus.

Melansir Healthline, berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu tubuh Anda saat mengalami dehidrasi:

1. Air Kelapa

Saat mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, mengganti elektrolit yang hilang dalam cairan tubuh, seperti keringat dan urine. Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat mengalami dehidrasi karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan beberapa karbohidrat.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

2. Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup menghasilkan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Kombinasi ini adalah kunci dalam rehidrasi. Kaldu tulang dan sup lainnya dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein hewani yang penting untuk persendian yang sehat, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi disebabkan oleh kelelahan.

3. Semangka, melon, lainnya

Buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Ini terutama berlaku untuk buah-buahan seperti semangka dan melon. Buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, menjadikannya pilihan terbaik saat mengalami dehidrasi.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

4. Susu

Segelas susu menghasilkan cairan serta protein, karbohidrat, dan sedikit lemak. Susu pilihan yang baik untuk rehidrasi karena mengandung banyak elektrolit yang bermanfaat. Susu tinggi air dan memiliki elektrolit dan nutrisi penting. Susu menjadi pilihan yang bagus jika mengalami dehidrasi karena kelelahan atau kepanasan, bahkan jika mengalami nafsu makan yang buruk.

5. Mentimun

Mentimun juga menghidrasi yang terdiri dari 85 persen air. Mentimun bisa dicampur dengan makanan lainnya sehingga tidak hanya dimakan dengan langkah menyaring mentimun. Mentimun menghasilkan konsistensi yang lebih encer, tetapi ini akan membantu mempertahankan semua kandungan air yang luar biasa alami untuk mentimun.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com