JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Penyakit yang Rentan Muncul Saat Berpuasa

sakit maag
Ilustrasi sakit perut. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Menjalankan ibadah puasa Ramadan merupakan kewajiban umat Islam. Pada bulan Ramadan, bagi umat Islam yang telah dewasa akan berpuasa selama sebulan penuh.

Selain mendapatkan pahala, berpuasa juga memberikan sejumlah manfaat baik untuk tubuh. Tetapi bagi orang yang tidak terbiasa dengan puasa, maka akan merasakan perubahan pada tubuh yang direspon degan munculnya berbagai penyakit.

Dikutip dari laman berbagai sumber ada sejumlah penyakit yang rentan muncul saat berpuasa, diantaranya adalah :

1. Dehidrasi

Dilansir dari siloamhospitals.com, selama puasa tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama 13 jam, hal tersebut mengakibatkan tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tak hanya itu, cuaca panas dan aktivitas berat juga dapat membuat tubuh kehilangan cairan.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Mengutip dari laman stikesbanyuwangi.ac.id, untuk menghindari dehidrasi saat puasa Anda harus minum air putih saat berbuka dan sahur dengan cukup, diantaranya 1 gelas saat bangun sahur, 1 gelas setelah makan sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat teraweh dan 1 satu gelas sebelum tidur.

2. Asam Lambung

Menurut telemed.ihc.id, asam lambung merupakan kondisi dimana asam lambung naik menuju esofagus maupun kerongkongan yang terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dan lambung yang mengalami iritasi. Untuk mencegah asam lambung kambuh saat berpuasa, pastikan Anda makan sahur dan berbuka secukupnya, hindari makanan maupun minuman berkafein atau bersoda, dan hindari tidur setelah makan.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

3. Sembelit

Mengutip dari kimiafarmaapotek.co.id, sembelit bisa terjadi saat Anda berpuasa. Sembelit saat puasa dapat disebabkan karena kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Agar terhindar dari penyakit sembelit Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan Anda, mengonsumsi makanan kaya serat, berolahraga ringan, dan tidak melewatkan makan sahur.

4. Pusing

Pusing saat berpuasa dapat disebabkan karena berbagai hal, bisa jadi karena dehidrasi, tekanan darah tinggi, stres, kekurangan darah maupun gejala penyakit lain. Untuk mencegah penyakit pusing saat berpuasa Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh, membiasakan diri untuk tetap menjaga kualitas tidur, dan mengonsumsi makanan bergizi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com