JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Terungkap, Modus Hacker Pembobol Akun Facebook Ketua DPD Partai Golkar Sragen Pujono Elli Bayu Efendi: Pesannya Mau Bantu Renovasi Masjid!

Pujono Elli Bayu Efendi menunjukkan pembajakan terhadap Facebook miliknya / Foto: Huri Yanto
Pujono Elli Bayu Efendi menunjukkan pembajakan terhadap Facebook miliknya / Foto: Huri Yanto

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus pembobolan akun Facebok Bayu Asongan dengan pemilik nama asli Pujono Elli Bayu Efendi, yang saat ini menjabat menjadi wakil ketua DPRD Sragen dan ketua DPD Partai Golkar Sragen tengah dalam proses penyelidikan.

Kasus pembobolan akun Facebook milik Bayu nama panggilannya, bermula saat sejumlah teman tiba-tiba menelpon dirinya, bahwa akun Facebook miliknya dibajak orang tak bertanggung dengan modus menawarkan bantuan untuk membangun tempat ibadah.

Berikut ini pesan meseger sang hecker Facebook melancarakan aksinya untuk meyakinkan calon korban.

“Assalamualaikum wr wb, Inggih niki kulo bade tangglet mbok bilih ten mriku wonten pembangunan masjid/mushola ingkang mbetah aken biaya, niki kulo wonten amanah saking keluarga bade sodaqoh aken dateng masjid/mushola ingkang mbetah aken biaya🙏🙏🙏,”.

“Inggih matur nuwun. sak mangke kulo nyuwun foto pembangunan masjid ipun ngih. Njenengan kirim ten no wa kulo nggih🙏, 082331417190, niki no wa kulo 🙏,”.

Ditemui di polres Sragen, Bayu menyampaikan hingga saat ini belum ada korban yang mengalami kerugian secara keuangan akibat ulah heck tersebut.

Baca Juga :  Benar-Benar Mafia, Suyanto Pencuri Peralatan Diesel Tertangkap Basah Oleh Warga Gondang Sragen

“Kita melaporkan kejadian ini ke kepolisian, saya taunya baru hari ini dikasih tau teman teman saya,” kata Bayu, Kamis (9/3/2023) sore.

Sementara itu, bayu menyampaikan bahwa akun Facebook miliknya sudah di buat sejak tahun 2018 yang lalu.

Baca Juga :  Berlomba Kebaikan di Bulan Suci Ramadan 1444 H, Paguyuban Sahabat Dangkel Bantu Masyarakat Kurang Mampu di Desa Jambanan Sragen

“Intinya buat kirim pesan mesenger ke teman teman FB saya, korbanya banyak yang dikirimi pesan tersebut, seakan akan saya membangun menyalurkan bantuan,” bebernya.

Sementara itu, Bayu juga menghimbau pada masyarakat sragen dan sekitarnya jika ada akun Facebook Bayu Asongan mengirimkan pesan apapun jangan di tanggapi, karena itu jelas penipuan.

“Pesan sayabkalau udah ada yang jadi korban akibat ulah hecker ini harus segwra melapor polisi terdekat,” ujarnya.

Saat ini kasus pembajakan akun Facebook milik wakil ketua DPRD Sragen ini tengah di tangani Sat Reskrim Polres Sragen.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com