JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Tips Kuat Berpuasa, Ibadah Terasa Ringan, Tubuh Bugar Selama Ramadan

Ilustrasi puasa. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Umat Islam tengah menajalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Setiap hari umat Islam tidak boleh makan seharian atau sekitar 12 jam, dari pagi hingga petang hari.

Saat berpuasa tubuh akan kekurangan cairan sehingga dibutuhkan beberapa tips agar tubuh tetap bugar selama beribadah.

Untuk itu selama berpuasa penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar puasa tetap lancar dan berjalan dengan baik. Apa aja tips kuat puasa agar tubuh tetap bugar selama beribadah? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Pastikan Terhidrasi Dengan Baik

Ilustrasi minum air putih. Pexels

Saat puasa kondisi tubuh sudah pasti kekurangan cairan selama beberapa jam. Maka penting untuk memenuhi kebutuhan cairan selama puasa. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup selama puasa.

Anjuran untuk minum air putih adalah 2L/hari. Dengan aturan minum selama puasa ada 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di sela-sela antara buka hingga sahur, serta 2 gelas di sahur. Tujuannya untuk tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan saat menjalani puasa tidak lemas.

2. Lakukan Aktivitas Ringan

Ilustrasi Menyiram Bunga | pexels cottonbro studio
Ilustrasi Menyiram Bunga | pexels cottonbro studio

Meski sedang puasa, bukan berarti Anda harus bermalas-malasan dengan tiduran sepanjang hari. Bagi Anda khususnya yang sedang di rumah saja, Anda bisa lakukan kegiatan yang positif seperti beberes rumah, menyiram tanaman, atau mencari kegiatan freelance yang bisa dikerjakan di rumah.

Dengan aktivitas ringan, bisa membantu Anda sedikit melupakan waktu dan rasa lapar, loh. Tapi, jangan terlalu memforsir tenaga ya biar tetap bisa menjalani puasa hingga full.

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat, Protein, dan Karbohidrat.

Ilustrasi Makanan Mengandung Serat | pexels foodie factor
Ilustrasi Makanan Mengandung Serat | pexels foodie factor

Tips kuat puasa agar tubuh tetap bugar selama puasa adalah dengan menjaga dan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, dan karbohidrat. Pasalnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, tubuh akan lebih lama memproses makanan tersebut. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau dan buah saat berbuka ataupun sahur. Selain mengandung serat, penting juga untuk mengkonsumsi protein dan karbohidrat.

4. Tidur yang Cukup

ilustrasi / tempo.co

Tips selanjutnya adalah dengan menjaga pola tidur yang baik dan cukup. Jangan begadang untuk menunggu sahur. Jika Anda sedang bekerja, maka pola tidur yang baik adalah tidur setelah sholat taraweh dan tidur satu jam setelah sahur.

5. Kurangi Mengonsumi Kafein

secangkir kopi hitam
Ilustrsai secangkir kopi. Pixabay

Banyak orang yang memilih minum kafein saat buka puasa dengan jumlah yang banyak. Hal ini karena mereka beralasan tidak minum kopi seharian sehingga mereka “balas dendam” pada saat buka.

Padahal minum kopi adalah hal yang harus dihindari karena selain menjaga tetap on sepanjang hari hal ini akan membuat Anda tetap terjaga sampai sahur. Tentu tidak baik buat kesehatan tubuh apalagi saat puasa karena bisa menyebabkan Anda lemas dan ngantuk. Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi kafein.

6. Coba Mandi Dengan Air Dingin

Ilustrasi mandi. pexels

Tips selanjutnya agar puasa kuat seharian yaitu dengan mandi air dingin sehari-hari. Mandi air dingin dapat membuat tubuh lebih fresh dan segar. Apalagi jika Anda lupa sahur, penting untuk mandi air dingin agar Anda lebih semangat dan segar ketika beraktivitas sehari-hari.

7. Jangan Makan Gorengan Secara Berlebihan

Ilustrasi gorengan
Ilustrasi gorengan. JOGLOSEMARNEWS.COM /Aris Arianto

Makanan favorit banyak orang ketika berpuasa adalah gorengan. Dapat dipastikan gorengan selalu menjadi takjil setiap berbuka. Tapi sayangnya, makan gorengan berlebihan dapat menyebabkan tubuh Anda tidak sehat dan bisa menyebabkan terkena jantung. Jadi, cobalah untuk mengganti menu takjil dengan menu yang lain.

8. Jaga Porsi Makan

Ilustrasi anak sedang makan. Pixabay

Tips terakhir adalah dengan menjaga porsi makan. Biasanya orang akan kalap dan makan dalam jumlah yang banyak ketika berbuka. Mereka akan beralasan untuk mengisi energi selama seharian berpuasa. Padahal makan dalam jumlah yang banyak akan membuat Anda mengantuk dan perut akan menjadi kembung. Jadi, makan dalam jumlah yang sesuai aja ya. Sesuatu yang berlebihan tidak akan baik.

Dengan mengikuti tips kuat puasa ini, Anda dapat menjalani ibadah dengan kuat dan sehat serta memaksimalkan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh dan spiritual Anda.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com