JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Tips Membuat Sayuran yang Layu Menjadi Segar Kembali

sayuran kaya nutrisi
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Ada sebagian keluarga memilih untuk menyetok sayuran untuk jangka waktu tertentu, karena dianggap praktis dan hemat tenaga.

Tetapi yang menjadi masalah adalah jika sayuran didiamkan telalu lama maka akan mudah layu dan tidak segar lagi. Ada sebagian orang akan langsung membuang sayuran yang tidak segar lagi tersebut.

Tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyegarkan kembali sayuran yang telah layu alias tidak segar lagi.

Mengutip dari EatingWell, berikut cara menyegarkan kembali sayuran yang layu:

1. Potong Semua Bagian yang Tidak Dibutuhkan

Potong apa pun bagian yang mulai layu atau bagian yang tidak diperlukan. Contohnya daun seledri biasanya terlalu layu untuk disegarkan kembali, tetapi batang seledri bisa diselamatkan. Rapikan bit hijau dari tandan bit. Simpan hanya apa yang ingin disegarkan kembali, buang bagian layu dan kering.

2. Tempatkan di Air Es

Untuk sebagian besar dapat merendam makanan dalam ember atau mangkuk besar berisi air es. Kemudian taruh wadah berisi sayuran di lemari es agar airnya tetap dingin. Biarkan makanan meresap selama 15-30 menit. Produk yang lebih sehat, seperti umbi-umbian mungkin membutuhkan waktu lebih lama atau hingga satu jam.

Untuk makanan dengan batang, seperti asparagus, brokoli, dan herba, bisa memperlakukannya seperti bunga. Contohnya masukkan ujung produk ke dalam stoples berisi air dan biarkan terendam. Pastikan untuk memotong ujungnya sedikit untuk membuka selnya. Rendam sedikit lebih lama.

3. Bilas dengan Air

Membilas sayuran dengan air yang mengalir bukan hanya untuk menghilangkan pasir atau kotoran yang tersisa, tapi juga membuatnya tampak segar kembali. Bungkus sayuran dengan handuk penyerap untuk menghilangkan kelebihan air. Keringkan daun selada dan sayuran secara menyeluruh.

4. Gunakan seperti Biasanya

Sebagian besar produk yang disegarkan kembali dapat digunakan, namun beberapa produk mengandung lebih banyak air daripada biasanya. Tetapi ini tidak akan mempengaruhi rasa. Bahkan ketika air menguap dari makanan, nutrisi dan elemen rasa tetap ada. Setelah disegarkan, makanan dapat digunakan seperti biasanya.

Jika ingin menyegarkan kembali produk dan menyimpannya untuk nanti, keringkan setelah dibersihkan. Air adalah tempat berkembang biak bakteri dan makanan segar akan cepat membusuk sebelum digunakan. Gunakan produk yang disegarkan kembali dalam dua hari untuk mencegah kerusakan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com