JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Wisata Keraton Solo Dinilai Belum Ramah Difabel

GKR Koes Moertiyah Wandansari (Gusti Moeng) saat menerima kunjungan dari komunitas penyandang disabilitas,  Senin (13/3/2023) / Foto: Prihatsari

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pariwisata di Keraton Surakarta Hadiningrat dinilai belum ramah bagi kaum disabilitas. Hal itu diketahui setelah dilakukan tinjauan oleh kaum penyandang disabilitas ke keraton, Senin (13/3/2023).

Ketua Tim Advokasi Difabel (TAD) Solo, Sri Sudarti mengungkapkan tujuan peninjauan yang dilakukan oleh komunitas penyandang disabilitas tersebut untuk mengetahui tingkat keramahan akses keraton terhadap kaum difabel.

Baca Juga :  Bus BST Kecelakaan Tabrak Benda Cagar Budaya Gapura Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Awalnya, mereka memasuki keraton lewat Museum dan kemudian berkeliling ke dalamnya. Selanjutnya, mereka menuju halaman Sasana Sewaka di mana halaman tersebut berupa tanah pasir bersih.

“Kita ke sini dengan teman-teman dari berbagai ragam disabilitas. Karena kebutuhannya berbeda-beda, dan ada beberapa catatan setelah kita melakukan kunjungan ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Kalau Jokowi Tahu Pasti Malu,  Mandor di Proyek Masjid Sheikh Zayed Ternyata Tinggalkan Utang Ratusan Juta di Warung Ini

Darti menambahkan, Keraton Solo sebagai destinasi wisata dan merupakan cagar budaya seharusnya memiliki akses ramah difabel. Tidak hanya bagi kaum difabel, keraton juga harus ramah terjadap pengunjung Lansia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com