JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

20.000 Penumpang Diperkirakan Masuk Di Terminal Tirtonadi Saat Mudik Lebaran

Suasana terminal bus Tirtonadi, Solo / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Kurang lebih 20.000 penumpang bus diperkirakan akan masuk di Terminal Tirtonadi, Solo saat mudik lebaran 2023.

Menurut Bandiyono, Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi,  lonjakan jumlah penumpang tersebut dikarenakan mulai tanggal 18-19 April mendatang Terminal Tirtonadi akan mendapatkan alokasi mudik gratis program dari pemerintah.

“Pertama dari Kementerian Perhubungan kurang lebih 59 bus, dari DKI Jakarta 35 bus, dari Jasa Raharja 15 bus dan juga  dari Pemkot Surakarta 3 bus,” ungkapnya ditemui Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga :  PPJI Komitmen Kembangkan Restoran Indonesia di Luar Negeri

Jumlah tersebut diutarakannya, mengalami peningkatan 35% dari tahun sebelumnya. Di mana saat ini sudah ada 16.000 penumpang.

Untuk menghindari penumpukan penumpang di Terminal Tirtonadi, pihaknya telah menyiapkan parkir drop off dan membagi arus kendaraan sesuai dengan jurusannya.

Pengaturannya sendiri di Terminal Tirtonadi dibagi ke dalam dua lokasi, yakni  terminal timur dan juga terminal barat.

“Itu memudahkan pemudik. Nanti kalau di wilayah timur berarti kita pisahkan penumpang yang arah Surabaya, Bali kemudian Madiun, Ngawi dan seterusnya. Kalau di terminal barat kita peruntukkan untuk penumpang jabodetabek Sumatra, Semarang, Jogja, jadi lebih mudah plotingnya,” terangnya.

Baca Juga :  Hebat! 8 Tim UMS Lolos Pendanaan Nasional Program P2MW Kemendikbud Ristek 2024

Selain menyiapkan parkir drop off, beberapa fasilitaspun juga tengah disiapkan untuk para pemudik yang datang di Terminal Tirtonadi di malam hari.

“Kita siapkan ruang tunggu khusus untuk penumpang beristirahat untuk melanjutkan armada selanjutnya. Kami buka juga posko 24 jam yang ada di hall tengah,” paparnya.

Loket penjualan tiket bus malam juga disediakan mengantisipasi pemudik yang kesusahan mencari tiket. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com