JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Begini Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Disarankan FDA

Ilustrasi sayur dan buah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Sayur dan buah sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin digunakan dalam perawatan tanaman sayur atau buah.

Lantas bagaimana cara mencuci buah dan sayur untuk membersihkan dan menghilangkan pestisida yang mungkin masih menempel pada buah dan sayur?

Pada umumnya buah dan sayur segar yang baru dipetik dibersihkan dengan air keran yang mengalir atau direndam dengan sedikit garam. Tetapi hal itu belum tentu bisa menyingkirkan keberadaan bakteri dan pestisida.

Melansir Times Of India, menurut pakar penyakit bawaan makanan FDA, Glenda Lewis, ada beberapa jalan produk segar dapat terkontaminasi.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

“Sejak fase pertumbuhan, produk dapat terkontaminasi oleh hewan, zat berbahaya di tanah atau air, dan kebersihan yang buruk di kalangan pekerja. Setelah produk dipanen, ia melewati banyak tangan, yang meningkatkan risiko kontaminasi,” kata dia.

Makanan juga dapat terkontaminasi bahkan selama pembelian, penyimpanan, atau selama persiapan makanan. Jadi, inilah beberapa cara yang disarankan para ahli untuk mencuci sayur dan buah di rumah.

1. Pastikan tangan bersih

Bahkan selama proses pencucian, produk segar rentan terhadap kontaminasi. Menurut pedoman FDA, cuci tangan selama minimal 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan produk segar.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

2. Gosok saat membersihkannya

Cara terbaik untuk membersihkan produk segar adalah dengan menggosoknya dengan lembut di bawah air mengalir, untuk melon dan buah serta sayuran yang keras, gunakan scrub khusus sayuran yang lembut untuk membersihkan permukaan luarnya.

3. Potong

Selalu pastikan memotong bagian sayuran dan buah yang rusak dan memar sebelum dikonsumsi atau dimasak.

4. Bilas beberapa kali

Selalu bilas produk segar sebelum dikupas atau dipotong untuk menyelamatkan produk segar dari bakteri, pestisida, dan kotoran. Hal ini juga memastikan bahwa bakteri tidak berpindah ke pisau.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com