JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Polda Papua Selidiki Video Ancaman KKB Tembak Pilot Susi Air Jika 2 Bulan Tak Ada Dialog Soal Kemerdekaan Papua

Sebuah video memperlihatkan pilot Susi Air, Philips yang disandera oleh kelompok OPM, sebagsi jaminan untuk tuntutan Papua Merdeka / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ancaman dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang akan menembak Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens melalui tayangan video, mendapat perhatian serius dari Kepolisian Daerah Papua.

Kepala bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, melalui operasi Damai Cartenz, Pola Papua kini tengah menyelidiki perihal tayangan video berisi ancaman tersebut.

Sebagaimana diketahui, video tersebut menyebutkan, jika dalam dua bulan tidak ada dialog tentang kemerdekaan, maka KKB akan menembak Philip Mark Mehrtens.

“Kami selidiki, dalam video itu tampak pilot Susi Air Kapten Philip menyebut KKB akan menembak dirinya jika dalam dua bulan tidak ada dialog soal Papua Merdeka,” kata Benny dalam siaran tertulis diterima Tempo, Minggu (28/5/2023).

Baca Juga :  Usai Gugatannya Ditolak MK, OSO hingga Hary Tanoe Merapat di Kediaman Megawati, Bahas Kemungkinan Jadi Oposisi

Sebelumnya, Kapolda Papua Inspektur Jenderal  Polisi Mathius D Fakhiri juga mengatakan akan memaksimalkan negosiasi untuk membebaskan pilot Susi Air Captain Philip Mark Mehrtens yang di sandera KKB. Tim tengah melakukan negosiasi kepada pimpinan Egianus Kogoya agar melepaskan Philip.

Diberitakan Tempo, Mathius berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi termasuk dengan pihak Gereja yang di dalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya.

Baca Juga :  Rabu Ditetapkan sebagai Wapres, Kamis Gibran Terima Penghargaan Satyalencana dari Jokowi

Mathius juga menyebutkan pihaknya sudah mengirimkan tim khusus sebagai upaya dalam melakukan negosiasi dan memfasilitasi semua pihak. Dia berharap upaya tersebut bisa berjalan dan pilot Susi Air bisa dilepaskan.

“Saya berharap negosiasi tersebut menghasilkan hasil yang baik, kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus bisa mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik,” kata Mathius.

Selain negosiasi, Mathius menjelaskan saat ini Satgas Damai Cartenz juga sedang menyiapkan langkah-langkah penegakan hukum.
Untuk diketahui, KKB menawan sandera Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens sejak 7 Februari 2023.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com