JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Belum Banyak yang Tahu, Ini Sederet Manfaat Sayur Kangkung

Ilustrasi sayur kangkung. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kangkung merupakan salah satu sayuran yang cukup dikenal. Sayur ini biasa dimasak tumis ataupun di cha.

Selain rasanya yang khas, sayur memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat sayur kangkung adalah untuk kesehatan mata, hingga mencegah diabetes.

Sayuran ini rendah kalori, rendah lemak, mengandung vitamin banyak, dan memiliki sifat antioksidan. Oleh karena itu, kangkung jadi salah satu sayuran yang sering direkomendasikan untuk orang yang sedang melakukan diet.

Selain bayam, kangkung juga termasuk tanaman yang hidup di perairan daerah rawa-rawa dan merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di negara-negara Asia, terutama di Indonesia.

Nah untuk Anda yang sangat suka tumis kangkung, apakah sudah tahu apa saja manfaat sayur yang satu ini? Karena bukan hanya rasanya yang enak, tetapi terdapat segudang manfaat sayur kangkung. Berikut ulasannya.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Dalam kangkung atau disebut juga bayam air, terdapat kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi akibat bakteri ataupun virus. Tak hanya itu saja, vitamin A dalam sayuran ini juga dapat meningkatkan produksi cairan untuk mencegah mata kering.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

2. Mengatasi Diabetes

Mengutip dari Health and Healthier, kangkung dianggap bagus untuk pasien diabetes. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian, bahwa mengonsumsi kangkung secara teratur dapat membantu mengembangkan resistensi terhadap stres oksidatif akibat diabetes. Begitu juga dengan ibu hamil yang menderita diabetes juga dapat mengonsumsi kangkung jika sudah berkonsultasi sebelumnya dengan dokter kehamilan.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak hanya untuk kesehatan mata, manfaat lain sayur hijau ini juga dapat menjaga kesehatan rambut. Kreasikan dengan membuat jus kangkung dan konsumsi secara teratur. Dengan itu dapat memperbaiki pertumbuhan rambut, meningkatkan kualitas rambut, hingga mencegah kerontokan.

4. Mengobati Sembelit

Kangkung kaya akan serat dan dapat membantu saluran pencernaan hingga meredakan gangguan pencernaan. Kandungan di dalamnya terdapat sifat pencahar yang membantu dalam pengobatan sembelit. Ini membantu dalam melunakkan feses dan mempertahankan pergerakan usus.

5. Mencegah Penyakit Jantung
Mengutip dari Stylecraze, sayur kangkung juga dapat mencegah penyakit jantung. Sayuran hijau ini mengandung vitamin A dan vitamin C, serta konsentrasi beta-karoten yang tinggi. Mereka berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

6. Mengobati Anemia

Mengonsumsi kangkung secara teratur dapat membantu meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh Anda. Hal ini karena kandungan di dalamnya kaya akan zat besi dan bagus untuk orang yang mengalami anemia.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti kangkung secara teratur dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendorong pertumbuhan tulang yang sehat. Selain itu, sayuran ini membantu menetralkan dan menghilangkan racun dalam tubuh.

8. Pencegahan Kanker

Manfaat sayur kangkung yang terakhir adalah dapat mencegah kanker. Mengutip dari Health and Healthier, antioksidan dalam kangkung bertanggung jawab untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas bertanggung jawab untuk memperkuat sel kanker dan memperbanyak sel. Di sini, antioksidan yang ada dalam kangkung yang akan berperan menghadapi penyebab tersebut.

Kira-kira itu manfaat sayur kangkung yang perlu Anda ketahui. Ada sekian banyak manfaat sayur berdaun hijau ini untuk kesehatan Anda. Oleh sebab itu, konsumsilah banyak sayuran, termasuk kangkung agar tubuh Anda tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com