JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Luar Biasa, 3393 Siswa PSHT Cabang Sragen Mengikuti Tes Pendadaran di Sambirejo Sragen

Sejumlah siswa PSHT Cabang Sragen Pusat Madiun mengadakan tes pendadaran, Minggu (18/6/2023) pagi | Huri Yanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Luar biasa, momen 3393 siswa sabuk putih Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Sragen Pusat madiun mengikuti tes Pendadaran yang digelar di lapangan Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa, Minggu (18/6/2023) Pagi.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM , tes pendadaran kali ini bertujuan untuk menjadikan siswa PSHT selangkah lagi bisa disahkan menjadi warga tingkat 1 SH Terate.

Dalam mendidik siswa menjadi seorang pendekar, SH Terate selalu mengadakan tes kenaikan sabuk pada setiap jenjangnya. Beberapa tahap yang dilalui para siswa yaitu diantara tahap mengikuti latihan sabuk Polos(Hitam), sabuk Jambon, sabuk Hijau, sabuk Putih dan terakhir tes Pendadaran ini.

Ditemui disela-sela acara pendadaran, ketua panitia sekaligus koordinator pendadaran wilayah Timur PSHT cabang Sragen Pusat Madiun, Deny Fadilah mengatakan bahwa mengadakan tes Pendadaran, dengan tujuan mendidik manusia berbudi luhur, tahu benar dan salah serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga :  Konser Judika di HUT Sragen ke-278, Bupati Yuni Prediksi 10.000 Penonton Akan Padati Alun-alun Sasono Langen Putro

“Iya benar, pendadaran kali ini memang mana para siswa sabuk putih ini masuk agenda pengesahan di tahun 2023 ini,” kata Deni pada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Selain itu, Deni juga menyampaikan, pendadaran ini para siswa sabuk putih mengikuti ujian materi baku SH Terate, yakni Jurus Dasar, Senam Dasar, ke-SH-an/Kerohanian, Toya, Kripen dan Belati.

Agenda tes pendadaran dilaksanakan pukul 07.00 hingga 16.00 WIB dan diikuti sebanyak 3.393 siswa, dari 20 Ranting yang ada di Cabang Sragen, di bagi dua tempat yakni di Lapangan Desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo diikuti 1820 peserta dan di lapangan SBI Gemolong, Kecamatan Gemolong diikuti 1573 peserta.

“Untuk persiapan tes dilakukan selama 2 minggu dengan diikuti siswa dari 20 ranting. Melalui tes ini harapan kami bisa memberikan pembinaan secara fisik dan mental,” terangnya.

Baca Juga :  Heboh! Muncul Sosok Mantan Kades di Sragen dari Partai PKS Bertekad Maju Calon Bupati di Pilkada 2024: Ingin Cetak Sejarah Bupati Sragen dari Utara Bengawan

Diketahui, tes Pendadaran ini merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh bagi para calon warga agar bisa mengikuti Pengesahan yang akan dilaksanakan pada bulan Suro atau Juli mendatang.

Menurutnya, kehadiran 3393-an calon warga baru itu akan menambah kekuatan Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Sragen yang saat ini sudah mencapai lebih dari 50.000 warga.

Jumlah itu merupakan total warga Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Sragen Pusat Madiun yang sudah bergabung sejak tahun 1980-an hingga saat ini.

Sementara itu salah satu siswa peserta Pendadaran asal Ranting Sambungmacan, Sudarmin (60) menyampaikan, dia mengikuti latihan di SH Terate ini mencari Persaudaraan dan kesehatan.

“Saya mengikuti dan gabung di SH Terate untuk menambah saudara, dan juga untuk olahraga,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com