JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menpan RB Lakukan Simulasi Pemindahan 11.000 ASN ke IKN, Gelombang Pertama ASN Kemendagri  dan Kemenkeu Bakal Boyongan

Peoyek pembangunan infrasfruktur IKN / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM   Pemerintah, dalam hal ini Kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), telah melakukan simulasi pemberangkatan 11.000 ASN ke Ibu Kota Nisantara (IKN).

Dari simulasi yang telah dilakukan tersebut, pemindahan ASN akan dilakukan secara bertahap.

Demikian dijelaskan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas.

Menurut Menpan RB, untuk gelombang  pertama, ASN dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan yang akan diberangkatkan.

Azwar menyebut,  pemindahan ASN dari kementerian tersebut akan dilakukan secara bertahap sehingga akan tetap ada ASN dari Kemenkeu dan Kemendagri yang ada di Jakarta.

“Targetnya tahun 2024 (ASN mulai pindah ke IKN). Sekarang 47 tower untuk ASN sedang menunggu pemenangan lelang, jadi ini menunggu di lapangan,” kata Azwar.

Azwar mengklaim sampai saat ini pihaknya tidak mendapat penolakan dari ASN soal rencana pemindahan tersebut. Bahkan, Azwar menyebut ada ASN yang berkirim surat meminta untuk ikut dipindahkan.

Baca Juga :  NasDem dan PKB Otomatis Dapat Jatah Menteri Usai Merapat ke Prabowo? Ke Mana Semangat Perubahan Itu?

“Artinya banyak anak muda talenta digital yang ingin menikmati atmosfer baru, digital servis, dan sistem pemerintah berbasis digital serta lingkungan nyaman,” kata Azwar.

Agar para ASN betah tinggal di IKN, Azwar berencana membangun sekolah bertaraf internasional agar para ASN tak khawatir lagi dengan kualitas pendidikan anaknya.

Bahkan, kata Azwar, beberapa sekolah ternama di Jakarta tengah dilobi untuk pindah ke IKN.

“Beberapa waktu yang lalu Pj Gubernur DKI Pak Heru datang ke kantor kami, justru saya kira menarik tawaran dari Pak Heru bagaimana bekerja sama dengan Gubernur DKI untuk memberikan insentif misalnya sekolah-sekolah yang saya enggak sebut merknya yang bagus-bagus, yang digandrungi banyak orang, sekarang segera pindah ke sana,” kata Azwar.

Tidak hanya sekolah, menurut Azwar,  pihaknya juga melobi pusat perbelanjaan untuk ikut membuat cabangnya di IKN. Azwar menyebut nantinya akan ada intensif pajak bagi perusahaan Jakarta yang membangun cabangnya di IKN.

Baca Juga :  Lagi-lagi Kasus Polisi Bunuh Diri, Brigadir Ridhal Ali Tomi Sempat Curhat ke Istri Sebelum Tewas

Mengenai kesiapan-kesiapan tersebut,  Azwar mengatakan, saat ini sejumlah fasilitas untuk para ASN sedang dibangun di sana.

“Kami menyampaikan terkait soal SDM IKN ini simulasi sudah selesai dan kemarin kami ke lokasi IKN melihat persiapan rencana pemindahan ASN ke IKN,” kata Azwar di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023).

Menurut Azwar, simulasi tersebut berupa tempat tinggal hingga eselon mana saja yang bakal dimutasikan ke kawasan Kalimantan Timur tersebut.

Azwar menyebut simulasi komprehensif turut dilakukan dengan melibatkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Kami siapkan beberapa skenario, misalnya dari Kementerian X berangkatkan berapa eselon 1 , 2, 3 sudah dibuat skenario dan simulasi dengan seluruh kementerian/lembaga,” kata Azwar. 

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com