JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Petani Waspada! Hama Wereng Tengah Melanda Persawahan di Sragen, Padi Siap Panen Ludes

Persawahan di wilayah Sragen, Jawa Tengah Terserang Wereng | Huriyanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Serangan hama wereng dikabarkan tengah menghantui sejumlah petani di wilayah Sragen, Jawa Tengah, beberapa tanaman padi milik Petani yang siap panen habis dimakan wereng.

Suyatno (43) salah satu petani asal Dukuh Bendungan RT 5, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen saat dihubungi JOGLOSEMARNEWS.COM membenarkan kejadian tersebut.

Menurutnya, serangan hama wereng menyerang padi milik petani mulai tinggal hitungan minggu padi mau dipanen.

“Iya benar, alhamdulillah sebagian udah kami panen lebih cepat, kalau tidak segera dipanen lebih awal iya semakin banyak yang dimakan wereng,” kata Suyatno, Minggu (4/6/2023).

Akibat serangan hama wereng tersebut, ia juga sudah melaporkan ke pihak PPL setempat guna penanganan lebih lanjut.

“Iya kemarin udah saya laporkan ke PPL, dan udah dikasih obat, serangan hama ini sangat menggangu petani dan sangat berpengaruh pada hasil petani,” bebernya.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Selain itu, Serangan Wereng juga terjadi di wilayah Dukuh Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

Beberapa sawah milik petani di Sangiran yang terserang antara lain milik Mbah Suminah warga Sangiran RT 12 dan Suwardi atau sering Bagong Sangiran RT 11.

“Iya kalau di sangiran ada yang padinya terserang hama wereng, tapi ngak begitu parah,” ujar Sumarsono salah satu warga Sangiran.

Sementara itu, Bambang Widjo Purwanto salah satu petani dan sekaligus Caleg partai Nasdem Sragen dapil 5 (Gondang, Sambungmacan, Sambirejo), juga menyampaikan bahwa beberapa wilayahnya saat ini tengah was-was akan hama Wereng yang menyerang.

“Yang parah di wilayah kecamatan Sambungmacan, dan ini mulai masuk Gondang,” bebernya.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Sementara itu, pihaknya juga merasa kasihan dengan para petani yang saat ini sawahnya terserang hama Wereng.

Menurutnya hasil panen kali ini diharapkan bisa digunakan untuk biaya hidup, pasalnya hasil panen Padi tersebut menjadi sumber satu-satunya penghasilan.

“Kasihan nasib petani, beberapa musim tanam selalu gagal panen karena penyakit kerdil, Saat ini tumbuh subur dan sempurna menjelang panen diserang wereng, bahkan ada yang dicuri orang, semoga para saudara saudaraku petani ini bisa diberikan hasil panen yang bagus, dan menikmati hasil panen dengan maksimal, kebutuhan di saat ini banyak harus memasukan anak sekolah dan kebutuhan lainnya, semoga diberikan yang terbaik untuk petani semua,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com