JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Segudang Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Bayam. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bayam merupakan sayuran berwarna hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bayam mudah di dapatkan, baik di penjual sayuran keliling, warung sayur, pasar hingga supermarket.

Bayam biasanya dikonsumsi atau dimasak pecel, sayur bening dan lain sebagainya.

Sayuran ini dikenal karena mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang ditemukan dalam bayam antara lain kalori, protein, kalsium, zat besi, magnesim, vitamin A, dan folat.

Lama waktu memasak bayam memengaruhi kandungan nutrisi dalam bayam, terutama lutein. Semakin lama merebus sayur bayam, makin rendah kadar lutein yang tersisa. Bayam yang ditumis dengan suhu tinggi menyebabkan banyak kadar lutein yang berkurang dalam dua menit.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Apabila dimasak dengan benar, bayam memberikan banyak manfaat kesehatan tubuh, antara lain:

Mencegah kanker

Dikutip pharmeasy.in, bayam memiliki sumber zeaxanthin dan karotenoid yang tinggi yang dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas ini membuat tubuh rentan terhadap banyak penyakit termasuk kanker.. Oleh sebab itu, konsumsi bayam membantu dan mencegah tubuh dari kanker perut, kanker mulut dan kanker kerongkongan.

Melindungi kesehatan mata

Dikutip verywellfit.com, kombinasi vitamin A dan C bayam membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD). Supaya penyerapan vitamin A bayam semakin ideal, dapat dilakukan dengan menumisya dengan lemak sehat (seperti minyak zaitun) atau memakannya bersama dengan makanan yang mengandung lemak (telur dadar).

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Menyehatkan rambut dan kulit

Dilansir medicalnewstoday.com, bayam mengandung vitamin A sehingga berperan dalam produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut untuk melembabkan kulit dan rambut. Bayam juga diperkaya vitamin C untuk membangun dan memelihara kolagen, pemberi struktur kulit dan rambut. Bayam juga membantu mencegah rambut rontok karena kekurangan zat besi.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi yang membuat tulang lemah dan mudah patah. Untuk mencegahnya, tubuh memerlukan asupan kalsium yang cukup. Dikutip webmd.com, salah satu makanan yang mengandung kalsium ialah bayam. Manfaat bayam juga diperkaya dengan mangan, dan vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com