JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Asyiknya Terbang Paralayang di Desa Tarubatang Selo Boyolali, Disuguhi Indahnya Gunung Merapi dan Merbabu dari Udara

Paralayang di desa wisata Tarubatang pada Sabtu (12/8/2023). Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Desa Tarubatang, Kecamatan Selo terus berupaya mengembangkan potensi desanya. Salah satunya berupa olahraga dirgantara paralayang.

โ€œLokasinya yang berada di lereng Gunung Merbabu, menyuguhkan pemandangan alam yang indah,โ€ ujar Kades Tarubatang, Sabarno.

Disamping selatan ada gunung Merapi dan disisi utara adalah gunung Merbabu. Melihat kebawah, pemandangan kota Boyolali dan dikejauhan tampak pula gunung Lawu.

โ€œCabang olahraga ini kami kenalkan bersamaan dengan launching desa wisata Tarubatang pada Sabtu (12/8/2023),โ€ tuturnya.

Selain Paralayang, juga ditawarkan camping ground dan edukasi pertanian bagi para pengunjung Namun pemerintah desa Tarubayang bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tarubatang, akan terus menggali potensi-potensi wisata yang ada.

Ketua Pokdarwis Desa Tarubatang, Supriyono, menambahkan Paralayang masuk ke Desa Tarubatang sudah sejak tahun 2018 lalu. Setelah berjalan satu tahun, sempat vakum karena pandemi Covid-19. Setelah pandemi, kegiatan Paralayang berlanjut lagi.

Baca Juga :  Antisipasi PKM, Disnakan Boyolali Perketat Pengawasan Lalu LintasTernak Jelang Idul Kurban

Untuk take off berada di sebuah tanah datar di lereng bukit diatas dukuh Surodadi. Sedangkan lokasi landing, pemerintah desa telah menyediakan di lahan tanah kas desa di dukuh Tompak. Jarak lurusnya take off – landing sekitar 1,5 kilometer.

โ€œDesa Tarubatang dipilih untuk kegiatan olahraga dirgantara ini karena anginnya pas, utamanya pada bulan-bulan Januari sampai Desember,โ€ katanya.

Hanya saja, lanjut dia, yang masih menjadi kendala saat ini yakni di lokasi take off. Untuk menuju lokasi itu, saat ini masih menggunakan sepeda motor. Untuk mobil, masih jarang sopir yang berani naik kesana karena jalannya yang curam.

Baca Juga :  Program TMMD Sengkuyung II Digelar di Desa Gunung, Kecamatan Simo, Boyolali,ย  Ini Sasaran Kegiatannya

Launching Desa Wisata Tarubatang dilakukan langsung oleh Bupati Boyolali, M Said Hidayat. Dia berharap, wisata Paralayang di Desa Tarubatang ini menambah daya tarik wisata di Selo. Dan Selo dapat berkembang dari sisi kepariwisataannya.

โ€œSelain itu tentunya guyup rukun, tetap kompak menjaga persatuan dan kesatuan kita semua,โ€ katanya.

Sementara itu Nur Afifa Indriyani, salah satu atlet Paralayang Boyolali, menilai terbang Paralayang di Tarubatang sangat mengasyikkan. Tempatnya bagus, tempat take off dan landingnya juga aman.

โ€œTeman-teman juga bisa explore cross country ya, terutama pecinta terbang lama dan terbang jauh. Viewnya luar biasa, di belakang kita take off ada gunung Merbabu, sebelah kanan ada gunung Merapi,โ€ pungkasnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com