JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bahaya Menggunakan Oli Palsu pada Sepeda Motor, Bikin Mesin Jebol hingga Polusi

Mesin
Ilustrasi turun mesin sepeda motor. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Penggunaan oli palsu pada sepeda motor merupakan masalah serius yang dapat menimbulkan banyak bahaya bagi pengendara dan sepeda motor itu sendiri.

Oli palsu adalah produk yang ilegal dan tidak terdaftar, seringkali dijual dengan harga lebih murah daripada oli asli.

Berikut adalah beberapa bahaya oli palsu yang harus diwaspadai

1. Menyebabkan Kerusakan pada Mesin

Oli palsu seringkali tidak memiliki kualitas dan perlindungan yang dibutuhkan oleh mesin sepeda motor. Kandungan kimia yang tidak tepat dapat menyebabkan pelumasan yang buruk dan mengakibatkan gesekan berlebihan di antara komponen mesin. Akibatnya, bagian-bagian mesin dapat cepat aus, mengalami overheating, atau bahkan rusak total alias mesin jebol.

2. Penurunan Performa Sepeda Motor

Baca Juga :  Cegah Kekerasan Seksual di Sekolah dengan Memanfaatkan Data BK

Oli palsu tidak dapat memberikan kinerja yang optimal seperti oli asli. Kekentalan dan sifat pelumas yang tidak sesuai dapat mengurangi daya dan akselerasi sepeda motor, menyebabkan performa mesin menjadi menurun dan efisiensi bahan bakar menurun.

3. Peningkatan Emisi Polusi

Oli palsu cenderung menghasilkan lebih banyak emisi polutan saat terbakar di dalam mesin. Ini berarti tingkat polusi udara akan meningkat, berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan manusia.

4. Risiko Kebakaran:

Kualitas rendah dari oli palsu dapat menyebabkan peningkatan suhu mesin dan risiko kebocoran. Keadaan ini meningkatkan kemungkinan terjadinya kebakaran yang dapat membahayakan pengendara dan kendaraan lain di sekitarnya.

5. Tidak Terjaminnya Kualitas dan Keamanan

Oli palsu sering kali diproduksi tanpa standar kualitas yang ketat dan pengawasan pabrik. Penggunaan produk ilegal ini meningkatkan risiko kegagalan komponen kunci pada sepeda motor, yang dapat menyebabkan kecelakaan serius.

Baca Juga :  Belum Puas Nyuri Honda Beat dan 2 HP Masih Nekat Nyolong Yamaha Vixion dan Ponsel, Endingnya Bisa Ditebak

6. Kehilangan Garansi

Penggunaan oli palsu pada sepeda motor dapat mengakibatkan kehilangan garansi oleh produsen. Jika mesin mengalami kerusakan atau masalah lain yang berkaitan dengan pelumas, produsen mungkin menolak klaim garansi jika terdeteksi penggunaan oli palsu.

Untuk melindungi diri dan sepeda motor Anda, selalu gunakan oli yang telah diakui dan dijamin keasliannya oleh produsen.

Jangan mengambil risiko dengan menggunakan oli palsu yang dapat merusak mesin, mengurangi performa, dan mengancam keselamatan pengendara dan orang lain di sekitarnya. Utamakan keselamatan dan jaga kualitas sepeda motor dengan menggunakan oli yang tepat dan berkualitas. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com