JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Enak dan Mengenyangkan, Ini Dampak Buruk Makan Nasi Goreng Malam Hari

Ilustrasi masakan nasi goreng. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makan malam merupakan salah satu rutinitas harian yang banyak dilakukan banyak orang. Salah satu menu andalan yang menjadi favorit banyak orang adalah nasi goreng.

Nasi goreng banyak dipilih karena rasanya enak dan mengenyangkan. Meski begitu, ternyata makanan ini dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan kita.

Makan nasi goreng di malam hari dianggap tidak baik. Melansir berbagai sumber ini deretan efek buruk makan nasi goreng di malam hari:

1. Gangguan Pencernaan

Makan makanan berlemak tinggi, seperti nasi goreng, malam hari dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Makan terlalu banyak lemak di malam hari dapat memperlambat proses pencernaan, menyebabkan rasa kembung, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Kenaikan Berat Badan

Mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi di malam hari cenderung lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Kalori yang tidak terpakai akan disimpan sebagai lemak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Ini juga dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan terkait.

Baca Juga :  Perlancar BAB dengan 5 Minuman Ini

3. Gangguan Tidur

Makan makanan berat, terutama yang mengandung banyak lemak dan bumbu, malam hari dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan, dan proses ini bisa mengganggu siklus tidur alami, membuat Anda sulit tidur nyenyak.

4. Peningkatan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi makanan berlemak tinggi secara teratur, terutama di malam hari, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh dalam makanan seperti nasi goreng dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga :  Meminimalisir Dampak Risiko Sakit Kritis, Saatnya Miliki Asuransi Ini

5. Gangguan Metabolisme

Makan malam yang terlalu berat dapat mempengaruhi metabolisme tubuh Anda. Tubuh cenderung lebih lambat dalam membakar kalori pada malam hari, yang berarti makan makanan berkalori tinggi seperti nasi goreng dapat memperlambat metabolisme.

Untuk menjaga kesehatan Anda, penting untuk memilih makanan yang tepat saat makan malam. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung serat tinggi, protein seimbang, dan lemak sehat. Hindari makanan berlemak tinggi, berkalori tinggi, dan berbumbu kuat, terutama di malam hari. Porsi juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu besar.

Ketika merencanakan makan malam, pertimbangkan juga waktu antara makan malam dan waktu tidur. Cobalah untuk makan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur, sehingga tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan sebelum beristirahat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com