JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ratusan Warga RW 10, Gentan, Sukoharjo Meriahkan Jalan Sehat HUT RI, RT 06 Borong Kejuaraan

Anak-anak dengan sepeda hias mengawali barisan jalan sehat warga RW 10, Desa Gentan, Sukoharjo, Minggu (13/8/2023) / Foto: Suhamdani
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sekitar Ratusan warga RW 10, Desa  Gentan, Baki, Sukoharjo tumpah ruah mengikuti acara Jalan Sehat Keluarga yang berlangsung pada Minggu (13/8/2023) pagi.

Mengambil start di kompleks Perumahan Gentan Residence, peserta jalan sehat dilepas oleh Kepala Desa Gentan, Uke Fransisca, SH. Berada di barisan terdepan, anak-anak yang mengendarai sepeda hias.

Jalan sehat mengambil rute di sepanjang Jalan Jetis Permai di ujung timur, mengarah ke barat dan masuk ke Jalan Jetis Raya ke arah selatan.

Kira-kira 200 meter, peserta Jalan Sehat mengarah timur menyusuri Jalan Mangesti hingga berujung di Jalan Jaka Tingkir, ke arah utara hingga hingga kembali lagi di Gentan Residence.

Kepala Desa Gentan, Uke Fransisca sangat mengapresiasi kegiatan Jalan Sehat bersama keluarga untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang digelar RW 10 tersebut.

Kepala Desa Gentan, Sukoharjo, Uke Fransisca, SH / Foto: Suhamdani

Menurut Uke, acara jalan sehat tersebut menjadi momentum yang sangat baik untuk kumpul bareng bersama warga. Kegiatan semacam itu menurut Uke menjadi media yang bagus untuk mendekatkan warga dengan pemerintah desa dan sebaliknya.

“Paling tidak satu tahun sekali ada event kumpul bareng seperti ini bagus, jadi warga bsia tahu, ‘mana sih Pemdesku’?” ujar Uke Fransisca kepada Joglosemarnews.

Dia menjelaskan, sebenarnya tahun-tahun sebelumnya, wilayah Jetis Permai sudah rutin mengadakan kegiatan Jalan Sehat semacam itu untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Baca Juga :  Tanah Fasum 1.761 Meter Persegi Diambil Alih BBWS, Puluhan Warga Pabelan Protes Tuntut Kompensasi

Hanya saja, untuk tahun-tahun sebelumnya belum terorganisir dan terdokumentasi dengan baik.

“Karena itu, saya berharap ini menjadi acuan untuk ke depan lebih maju lagi, lebih terorganisir dan terdokumentasi dengan lebih baik lagi,”paparnya.

Di samping itu, jelas Uke, momentum kebersamaan seperti ini sangat efektif untuk menyampaikan program-program desa secara langsung kepada warga masyarakat.

“Jadi mumpung kumpul satu RW, kita sedikit edukasi, kita ajak masyarakat untuk nyengkuyung bersama program TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle),” ujarnya.

Uke melanjutkan, Desa Gentan memang memiliki planning program yang harus dibantu dan disengkuyung bareng-bareng oleh warga. Jika semuanya dikerjakan secara bersama, persoalan sampah di Jesper ini tentu dapat diselesaikan bersama-sama.

Mencairka Situasi

(Dari kiri searah jarum jam) M Fauzan Juara I Lomba Badminton, Tukiyanto mewakili tim menerima trofi Juara I Lomba Voli dan Rahardjo menerima trofi sebagai Juara II lomba pingpong | Foto: Istimewa

Ketua Panitia kegiatan, Laseri menjelaskan, kegiatan jalan sehat keluarga tersebut merupakan kegiatan rutin, dan digelar sebagai sebagai wujud syukur atas Kemerdekaan Indonesia.

“Tujuan jalan sehat ini tentunya supaya warga menjadi sehat jasmani, sekaligus memupuk kerukunan antar warga untuk persiapan Pemilu mendatang. Acara seperti ini juga menjadi wadah untuk mencairkan kondisi warga di tengah situasi perpolitikan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan panitia yang lain, Anton menjelaskan, acara jalan Sehat Keluarga itu  diikuti oleh setidaknya 500 hingga 600 warga dari tujuh RT yang ada di RW 10 Jetis Permai (Jesper). Untuk pelaksanaan tahun ini, jelas Anton, RT 01 yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Baca Juga :  Tanah Fasum 1.761 Meter Persegi Diambil Alih BBWS, Puluhan Warga Pabelan Protes Tuntut Kompensasi

“Untungnya, untuk pelaksanaan kegiatan ini, semuanya didukung dari sponsor dan donatur,” papar dia kepada Joglosemarnews.

Anton menjelaskan, untuk tahun ini, pihak Panitia menyediakan puluhan stand untuk UMKM, yang diisi oleh warga Jetis Permai, yang merupakan campuran dari berbagai RT.

“Jadi kegiatan ini juga bisa menjadi media pengembangan UMKM di tingkat lokal atau warga,” papar Anton.

Adapun kegiatan Jalan Sehat Keluarga tersebut meriah dengan taburan berbagai doorprize, mulai dari sepeda gunung, sepeda lipat, kulkas hingga HP android yang jumlah totalnya mencapai 150 buah. Sedangkan hadiah-hadiah yang lain  merupakan sumbangan dari sponsor, selain juga ada beberapa hadiah yang merupakan iuran wajib dari tiap-tiap RT.

Sebelum ini, ujar Anton, panitia telah menggelar aneka lomba yang diikuti warga

Dijelaskan Anton, beberapa hari sebelumnya telah dirangkai dengan kegiatan seperti aneka macam lomba, mulai dari lomba voli, badminton, pingpong hingga lomba catur.

Dalam pertandingan tersebut, RT 06 berhasil memborong kejuaraan, antara lain Juara I lomba badminton, Juara I lomba Voli, Juara I Lomba Catur dan Juara II lomba pingpong. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com