JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kekeringan di Paranggupito Wonogiri Warga Beli Air Bersih dari Mobil Tangki

Air bersih
Penyaluran bantuan air bersih di Paranggupito Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kemarau panjang yang melanda Kecamatan Paranggupito Wonogiri, Jawa Tengah, menyebabkan warga kekurangan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa membeli dari mobil tangki.

Hal ini disampaikan Sriyanto, S.Pd, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, saat memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Paranggupito, Selasa (19/9/2023) di Desa Songbledeg.

Kekeringan yang berkepanjangan dan kekurangan ketersediaan air bersih membuat warga melakukan pembelian air bersih melalui mobil tangki yang ada,” ujar Sriyanto.

Sriyanto menambahkan, satu tangki air bersih berkapasitas 6.000 liter hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama kurang dari satu bulan.

Baca Juga :  Rilis Kekeringan Wonogiri Selatan, Bantuan Air Bersih Mulai Mengalir

Untuk mengatasi masalah kekeringan ini, Pemkab Wonogiri telah menganggarkan Rp3,8 miliar dari APBD 2023. Namun, karena pekerjaan belum selesai, warga masih harus mengandalkan mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Pengalokasian dana Rp3,8 miliar dari APBD tahun ini diharapkan memberikan solusi permanen bagi masyarakat Paranggupito,” ungkap Sriyanto.

Kesulitan pengadaan air bersih ini setiap tahunnya menguras pundi-pundi uang warga dari hasil pertanian dan peternakan. Warga sangat senang ketika ada dermawan yang memberikan bantuan air bersih.

Baca Juga :  Menggiurkan, Honor Pantarlih Pilkada 2024 Ternyata Tembus Segini, Dapat Tunjangan Hingga Puluhan Juta

Terpantau, saat ini sudah banyak donatur dari beberapa lembaga yang telah menyalurkan bantuan air bersih di Kecamatan Paranggupito, antara lain:

PBMTI Karanganyar
PBMTI Wonogiri
PBMTI Jawa Tengah
Baitul Mal MUM Jatisrono
Komunitas Muslim Wonogiri
SDIT Jatiroto
Alumni SMP N 1 Wonogiri
Alumni SMA N 2 Wonogiri

Sriyanto berharap ketulusan para dermawan dalam memberikan bantuan air bersih mendapatkan balasan yang lebih besar dan membawa keberkahan bagi masyarakat Paranggupito ke depan tidak kekurangan air bersih lagi. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com