JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Cara Gampang Memilih Ikan Segar

Ilustrasi ikan segar. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh orang adalah ikan. Bagi yang belum pernah membeli ikan mentah, tentunya akan merasa kesulitan saat memilihnya.

Ikan segar tentunya memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan ikan yang sudah tidak segar, bahkan busuk. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara memilih ikan segar saat membeli di supermarket atau pasar tradisional.

Melansir Times of India, berikut lima tips memilih ikan segar:

1. Bau ikan

Mencium bau ikan adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa ikan masih layak dikonsumsi. Ikan segar memiliki aroma yang ringan dan tidak memiliki bau menyengat atau asam. Selain itu, bau amis yang kuat pada ikan juga menunjukkan ikan telah busuk atau telah diawetkan dengan bahan kimia.

2. Mata ikan tidak berubah

Untuk memeriksa kesegaran ikan bisa juga melalui matanya. Pastikan mata ikan tidak memiliki lapisan kusam keputihan atau tidak tampak cekung. Mata ikan segar akan berkilau dan cerah. Ikan dengan mata yang kusam menunjukan bahwa ikan tersebut telah membusuk.

3. Tekstur yang kuat

Ikan segar memiliki tekstur yang kuat di bagian luar maupun dalamnya. Daging ikan segar selalu memantul kembali saat disentuh. Kulit ikan segar juga memiliki sisik yang rapat. Ikan dengan sisik yang gampang terlepas menunjukan bahwa ikan tersebut telah membusuk.

4. Periksa penampilannya

Hal pertama yang harus dilakukan saat memilih ikan yang sempurna adalah melihat penampilannya. Pastikan tubuh ikan memiliki tekstur yang sedikit licin dan tidak ada perubahan warna pada dagingnya. Ikan segar yang dipotong menjadi beberapa bagian juga selalu mengeluarkan darah dan berwarna merah cerah.

5. Periksa insangnya

Untuk memastikan bahwa ikan masih segar adalah dengan cara mengangkat insang dan periksa apakah bagian dalam ikan masih berwarna kemerahan. Ikan segar juga memiliki tekstur yang basah dan tidak akan kering.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com