JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Tzu Chi dan KAFP UNS Salurkan 300.000 Liter Air Bersih ke  Gunungkidul dan Bantul

Petani teladan tingkat nasional yang juga alumni FP UNS, Eka Siwi (ketiga dari kiri) ikut hadir dalam kegiatan penyaluran bantuan air di Kabupaten Bantul | Foto: Istimewa
   

SOLO, JOGLOi SEMARNEWS.COM — Organisasi Tzu Chi Sinarmas bekerja sama dengan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (KAFP), Peguyuban Sinarmas Yogyakarta dan AKPY-Stiper Yogyakarta menyalurkan bantuan air bersih di Gunungkidul dan Bantul, Jumat (20/10/2023) dan Sabtu (21/10/2023).

Dalam aksi sosial tersebut, sebanyak 330.000 liter air bersih disalurkan kepada tiga dusun di dua kabupaten tersebut.

Koordinator Sinarmas Peduli yang juga relawan Tzu Chi Sinarmas, Tawang Sotya Djati menjelaskan, bantuan yang diberikan mampu menjangkau 1.000 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga :  Januari-Juni 2024, BNNP DIY Amankan 12 Tersangka Kasus Narkoba

Penyaluran bantuan air bersih di Kabupaten Gunungkidul | Foto: Istimewa

Di Gunungkidul, bantuan yang disampaikan dialokasikan di dua dusun di Desa Kenteng, Kecamatan Pojong dan tiga dusun di Desa Kenteng, Kecamatan Saptosari.

“Bantuan ini menyentuh lebih dari 1.000 keluarga di Gunungkidul yang mengalami dampak kekeringan panjang pada musim kemarau ini,” ungkap Tawang yang juga alumni Fakultas Pertanian UNS ini, Senin (23/10/2023).

Sedangkan di Bantul, penyaluran air bersih dilakukan di dusun Semuter, Desa Jatimulyo dan dusun Tangkit, Desa Muntul. Kemudian juga di Dusun Sukorame, Desa Mangunan.

Baca Juga :  Petasan Meledak di Ponpes Sanden Bantul, Sejumlah Santri Luka-luka, Ada yang Jarinya Hancur

Semua lokasi itu berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Total air bersih yang disalurkan sebanyak 50.000 liter air bersih.

Sejumlah warga yang datang ke lokasi penyaluran menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan air secara gratis.

Mereka datang berbondong-bondong dengan membawa jerigen yang diantrekan sedemian rupa.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga di tengah krisis air dan menjadi berkah bagi kita semua,” kata Tawang, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews. Suhamdani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com