JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Gudangnya, ini Deretan Fungsi Embung yang Semakin Terasa Saat Kemarau Panjang

Embung
Salah satu embung di wilayah Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Embung adalah waduk kecil yang dibangun untuk menampung air hujan. Embung memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk mengairi lahan pertanian di musim kemarau.

Berbicara mengenai embung, kabupaten ujung tenggara Jateng, Wonogiri adalah gudangnya. Mengingat cukup banyak jumlah embung di kabupaten yang juga berjuluk Kota Mete tersebut.

Fungsi embung yang semakin terasa saat kemarau adalah untuk menjaga ketersediaan air untuk irigasi pertanian. Pada saat musim kemarau, air hujan menjadi sangat terbatas.

Hal ini dapat menyebabkan kekeringan di lahan pertanian, yang dapat berdampak pada penurunan produksi pangan.

Embung dapat menampung air hujan di musim penghujan untuk digunakan di musim kemarau. Dengan adanya embung, lahan pertanian dapat tetap mendapatkan pasokan air yang cukup, sehingga produksi pangan dapat tetap terjaga.

Baca Juga :  2 KPPS Wonogiri Meninggal Dunia, Terkini dari Desa Tambakmerang Kecamatan Girimarto Wonogiri

Selain untuk irigasi pertanian, embung juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain, seperti:

– Penampungan air untuk keperluan domestik, seperti air minum dan air bersih
– Pengendalian banjir
– Meningkatkan cadangan air tanah
– Meningkatkan kesuburan tanah

Pemerintah Indonesia telah membangun ribuan embung di berbagai daerah di Indonesia. Pembangunan embung ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi dampak kekeringan di musim kemarau.

Berikut adalah beberapa contoh manfaat embung saat kemarau:

1. Mengatasi kekeringan di lahan pertanian

Embung dapat membantu petani untuk tetap mendapatkan pasokan air untuk mengairi lahan pertaniannya di musim kemarau. Hal ini dapat mencegah terjadinya kekeringan di lahan pertanian, yang dapat berdampak pada penurunan produksi pangan.

Baca Juga :  5 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadhan 2024

2. Meningkatkan produktivitas pertanian

Dengan adanya embung, petani dapat mengairi lahan pertaniannya dengan lebih baik, sehingga produktivitas pertanian dapat meningkat.

3. Meningkatkan pendapatan petani

Peningkatan produktivitas pertanian dapat meningkatkan pendapatan petani. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

4. Menjaga ketahanan pangan

Embung dapat membantu menjaga ketahanan pangan nasional. Hal ini karena embung dapat membantu petani untuk tetap mendapatkan pasokan air untuk mengairi lahan pertaniannya di musim kemarau.

Pembangunan embung merupakan salah satu upaya yang penting untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau. Dengan adanya embung, ketersediaan air untuk berbagai keperluan dapat terjaga, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com