JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Covid-19 Muncul Lagi, Sri Sultan HB X Minta Vaksin Booster Kembali Digalakkan

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X | tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X  meminta vaksinasi ketiga dan keempat atau booster satu dan dua kembali digalakkan.

Imbuan tersebut dikeluarkan, untuk merespons kembali naiknya jumlah kasus Covid-19 di sejumlah daerah di tanah air.

Apalagi, menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), jutaan wisatawan dari berbagai kota bahkan luar negeri akan masuk ke DIY, sehingga diperlukan antisipasi penyebaran subvarian baru Covid-19, Omicron EG.5.

“Kita enggak bisa menghalangi ya. Yang penting bagi mereka suntik dua kali jadi tiga kali. Rata-rata baru 2 kali,” kata Sultan, Jumat (15/12/2023).

Selain meminta digalakkannya booster, menurut Sultan, untuk melakukan pencegahan Covid-19 diperlukan komunikasi intensif antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Hal ini bertujuan agar pemerintah daerah memiliki informasi terbaru soal virus corona varian terbaru.

Baca Juga :  Inilah Sejumlah Modus Judi Online yang Perlu Diwaspadai

“Kita bangun komunikasi dengan pemerintah pusat, terhadap kemungkinan virus baru itu. Kita berikan report perkembangan (di DIY),” katanya.

Lebih lanjut Sultan mengatakan, saat ini ditemukan kembali paparan Covid-19 di Bantul, DIY tetapi bukan disebabkan subvarian baru Covid-19, Omicron EG.5.

“Di Bantul ada tapi kan di Bantul kepanjangan dari Covid-19 yang lalu bukan terbaru. Yang membuat beberapa negara naik,” katanya.

Di DI Yogyakarta secara keseluruhan menurut Sultan belum terjadi kenaikan kasus Covid-19.

“Jogja belum, semoga enggak lah,” ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan Dinkes Bantul, ada sembilan  pasien Covid-19 yang sudah melakukan isolasi. Sebab itu diharapkan masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian penyebaran kasus tidak akan semakin meluas.

Sebagaimana diketahui, Provinsi DIY masuk dalam daftar 21 daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19, sebagaimana dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Baca Juga :  LSM Sarang Lidi: Pemberian Hadiah dari Walimurid ke Guru Termasuk Gratifikasi. Harusnya Ada Sanksi

Selain DIY,  berdasar informasi yang dikutip dari laman Infeksi Emerging Kemenkes RI, tren kenaikan kasus Covid-19 juga terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Situasi yang sama juga dilaporkan dari Kepulauan Riau, Lampung, NTT, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, dan Sumatera Utara. Tren kenaikan kasus mingguan Covid-19 nasional per 9 Desember 2023 dilaporkan menyentuh angka 554 kasus positif.

Sejak grafiknya dilaporkan menanjak mulai pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023, kasus konfirmasi mingguan meningkat 134 persen per pekan.

Sedangkan kasus konfirmasi Covid-19 pada Kamis (14/12/2023) dilaporkan mencapai 359 kasus, sebanyak 79 di antaranya dilaporkan sembuh dan total kasus aktif mencapai 1.449 kasus.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com