JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kontroversi! Diduga Gunakan Teleprompter Saat Debat Cawapres Perdana, Seberapa Kemampuan Asli Gibran?

Gibran diduga gunakan teleprompter
Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat memberikan pemaparan pada debat perdana calon wakil presiden untuk pemilu 2024 di Jakarta Conventiom Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023). Diduga, Gibran menggunakan teleprompter dalam ajang tersebut | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Cawapres no urut 2, Gibran Rakabuming Raka sampai sekarang masih ramai diperbincangkan, salah satunya terkait dengan dugaan penggunaan teleprompter dalam acara Debat Cawapres 2024 yang berlangsung, Jumat (22/12/2023) lalu.

Dugaan penggunaan alat canggih tersebut  awal mulanya dicuatkan pertama kali oleh pakar Informatika, Multimedia dan Telematika, RM Roy Suryo Suryo melalui Twitter yang menunjukkan Gibran diduga menggunakan Teleprompter.

Baru-baru ini, ihwal Teleprompter yang digunakan oleh Gibran Rakabuming saat pidato debat Pilpres sesi perdana menjadi viral. Pemanfaatan perangkat canggih itu dalam penyampaian gagasannya pada debat Pilpres perdana menimbulkan pro dan kontra.

Baca Juga :  Kesaksian 4 Pejabat Kemantan Sudutkan Syahrul Yasin Limpo, Takut Dipecat

Banyak sindiran terkait kemungkinan penggunaan Teleprompter dalam debat resmi di KPU. Roy Suryo, yang sebelumnya telah mengulas berbagai isu terkait Gibran, kini memfokuskan perhatiannya pada perangkat canggih ini.

Dalam unggahannya, ia dengan yakin menyatakan bahwa Gibran menggunakan Teleprompter untuk membimbing presentasinya selama sesi debat. Kontroversi ini memunculkan pertanyaan tentang kemampuan berbicara dan keaslian pidato Gibran, menciptakan dinamika menarik dalam peta politik menjelang pemilihan presiden.

Baca Juga :  Beban dan Tanggung Jawab Besar, Mayoritas Dosen Bergaji di Bawah Rp 3 Juta, Ternyata Ini Pangkal Masalahnya

Teleprompter, sebagai inovasi teknologi, memudahkan pembawa acara, presenter, dan pembicara dalam menyampaikan pidato atau membacakan skrip tanpa harus menghafal secara detail.

Teleprompter menampilkan teks secara berurutan di layar kaca di depan pembicara, memungkinkan mereka membaca dengan lancar tanpa harus menghafal seluruh pidato.

Penggunaan Teleprompter tidak hanya umum di Amerika Serikat, tetapi juga di Prancis dan Jerman dengan sebutan prompter atau prompteur.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com