JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Saat Musim Hujan

Opor ayam
Opor ayam Bu Rumi Giriwoyo Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Musim hujan merupakan musim yang rentan terhadap berbagai penyakit, seperti flu, pilek, dan diare. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang lembap dan dingin, yang dapat menjadi media yang baik bagi pertumbuhan bakteri dan virus.

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari penyakit, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh saat musim hujan:

1. Buah-buahan dan sayuran
Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C, misalnya, berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C antara lain jeruk, stroberi, kiwi, mangga, dan pepaya. Sayuran yang kaya akan vitamin C antara lain brokoli, paprika, dan tomat.

Baca Juga :  Panitia Kurban Berhak Mendapatkan Bagian Daging, Benarkah?

Selain vitamin C, buah-buahan dan sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah-buahan yang kaya akan antioksidan antara lain buah beri, apel, dan pir. Sayuran yang kaya akan antioksidan antara lain ubi jalar, wortel, dan bayam.

2. Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus. Bakteri ini berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber probiotik yang baik antara lain yogurt, tempe, dan kefir.

3. Protein
Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh. Protein juga berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber protein yang baik antara lain daging, ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Baca Juga :  Catat! Demokrat Buka Penjaringan Bakal Cabup Cawabup Wonogiri

4. Herbal
Beberapa herbal, seperti jahe, kunyit, dan temulawak, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, yaitu:

– Istirahat yang cukup
– Olahraga secara teratur
– Hindari stres
– Jaga kebersihan diri

Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari penyakit, bahkan saat musim hujan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com